8 Makanan Bagi si Pemiliki Kulit Berjerawat

Oleh Jazaul Aufa pada 12 Jan 2015, 18:27 WIB
Diperbarui 12 Jan 2015, 18:27 WIB
8 Makanan Bagi si Pemiliki Kulit Berjerawat
Perbesar
8 Makanan Bagi si Pemiliki Kulit Berjerawat

Liputan6.com, Jakarta Saat menginjak remaja, banyak orang yang terjebak dengan masalah jerawat. Beberapa tetap berjibaku dengan masalah ini, meskipun telah memasuki masa-masa transisi menopause. Jerawat juga bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti stres, polusi, diet yang buruk, metabolisme yang buruk, hormon yang sedang tidak seimbang, dan kadar gula darah tinggi.

Salah satu cara mengontrol munculnya jerawat adalah mencoba menghindari makanan pemicu munculnya jerawat. Produk susu, makanan olahan, makanan berminyak dan berlemak, serta permen merupakan makanan yang tidak baik bagi kulit berjerawat.

Langkah selanjutnya adalah mengkonsumsi makanan-makanan seperti yang dilansir dari laman Boldsky, Senin (12/1/2015):

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Air Putih

8 Makanan Bagi si Pemiliki Kulit Berjerawat
Perbesar
8 Makanan Bagi si Pemiliki Kulit Berjerawat

1. Air Putih

Kulit kita merefleksikan stres dan racun yang mengendap di dalam tubuh. Meminum delapan gelas air putih berguna untuk mengusir racun, menormalkan metabolisme pencernaan, mengatur keasaman, dan memberikan kulit yang berkilau.

2. Mentimun

Mentimun kerap kali disebut sebagai sayuran `pendingin` karena tingginya jumlah kadar air. Selain itu, mentimun juga mengandung banyak antioksidan, Vitamin C, dan mineral silika yang baik untuk kulit.

3. Wortel

Sayuran kaya akan beta-karoten seperti wortel dan kulit mengandung Vitamin A yang memainkan peran penting untuk mengusir jerawat.

4. Beri

Beri mengandung banyak antioksidan yang sangat cocok sebagai makanan untuk pemilik kulit berjerawat. Antioksidan menjaga kulit dari kerusakan dan peradangan.


Teh Hijau

8 Makanan Bagi si Pemiliki Kulit Berjerawat
Perbesar
8 Makanan Bagi si Pemiliki Kulit Berjerawat

5. Teh Hijau

Teh hijau juga mengandung banyak antioksidan yang bisa membantu mengatur gula darah agar seimbang dan bisa melindungi kulit dari jerawat. Teh hijau membantu detoksifikasi dari badan.

6. Yogurt

Meskipun produk susu tidak begitu baik untuk jerawat, tetapi yogurt justru cukup baik untuk kulit berjerawat. Yogurt berguna untuk menyegarkan dan menutrisi kulit.

7. Ikan

Kandungan Omega-3 dalam ikan dapat menjaga kulit dari munculnya jerawat. Pastikan Anda mengkukus dan memanggang dengan sedikit minyak agar pencegahan terhadap jerawat bisa maksimal.

8. Biji-bijian

Makan nasi merah atau olahan gandum seperti roti bisa memperlambatkan produksi gula dalam tubuh. Hal ini jelas sangat bisa mencegah munculnya jerawat yang terus menerus. Selain itu, hindari makanan buatan atau yang terlalu banyak melalui proses masak.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya