6 Langkah Sederhana Perkuat Ikatan Pernikahan

Oleh Benedikta Desideria pada 12 Jan 2015, 07:00 WIB
Diperbarui 12 Jan 2015, 07:00 WIB
6 Adegan Paling Romantis di Drama Korea
Perbesar
Beberapa drama Korea menampilkan adegan romantis yang mmebuat penggemar terkenang. Apa sajakah itu?

Liputan6.com, New York- Siapa yang tidak ingin kehidupan pernikahan berjalan langgeng dan harmonis. Sayangnya, kadang kala banyak problema muncul yang membuat ikatan dengan pasangan sedikit merenggang. Sibuknya pekerjaan, jenuh dengan pasangan biasa yang sering jadi pemicunya.

Sebenarnya, ada banyak hal sederhana yang bisa memperkuat ikatan pernikahan dengan pasangan. Diantaranya enam hal berikut bisa Anda dan pasangan coba seperti dilansir Good Housekeeping, Jumat (9/1/2015).

1. Menonton film dan mendiskusikannya
Kencan nonton film, mengapa tidak? Meluangkan waktu berdua di sela kesibukan kerja, rumah tangga, dan mengurus anak itu perlu. Menurut studi dari University of Rochester, New York menonton film maupun drama tentang hubungan pasangan kemudian mendiskusikannya ternyata bisa efektif mengurangi tingkat perceraian. Hal ini bisa membantu pasangan yang sudah menikah tentang manajemen konflik.

2. Tuliskan pemicu pertengkaran Anda
Dalam sebuah studi yang dilakukan di Northwestern University di Evanston, pasangan yang menuliskan penyebab pertengkaran dengan sudut pandang pihak ketiga membuat kehidupan pernikahan yang dijalani lebih memuaskan.

Menurut peneliti, hal tersebut bisa terjadi karena dengan menuliskan pertengkaran dengan persepktif orang ketiga membuat mereka lebih memahami pasangan.

3. Peluk 2 menit dan cium 30 detik setiap hari
"Seringkali, ciuman dan pelukan menjadi cara untuk membuat hubungan jadi lebih baik dengan cepat," terang terapis pernikahan Kim Blackham. Saat memeluk maupun menyentuh pasangan, tubuh akan mengeluarkan hormon oksitosin yang bisa menimbulkan kedekatan.

4. Jalan kaki bersama
Membicarakan permasalahan rumah tangga tidak selalu dengan duduk kaku. Berjalan-jalan ke taman dekat rumah sambil menghirup udara segar bisa membersihkan pikiran. Sehingga diskusi atas permasalahan dalam biduk rumah tangga bisa diselesaikan dengan lebih baik.

5. Menuliskan perbuatan baik pasangan
Banyak hal baik mudah dilupakan, satu hal buruk mudah diingat. Nah, saat Anda sedang kesal dengan perilaku pasangan, coba tuliskan perbuatan baik yang pernah dilakukannya. "Seringkali perbuatan baik diabaikan sehingga mengarah bahwa apa yang dilakukan pasangan selalu menyebalkan," ungkap pakar hubungan dan psikoterapi, Christina Steinorth-Powell.
Powell pun mengingatkan untuk menuliskan kebaikan pasangan seminggu sekali. Hal ini akan membantu Anda bersyukur atas hubungan pernikahan ini.

6. Bercinta, perhatikan kualitas bukan kuantitas
Tak dipungkiri bahwa kesibukan bekerja membuat hubungan fisik dengan pasangan berkurang. Seksolog klinis dan terapis pernikahan Kat Van Kirk menyarankan untuk menghapus keinginan memiliki sesi panjang saat bercinta jika situasinya begini. Maksimalkan keintiman meski berlangsung sebentar saja.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya