Mau Bahagia? Tinggalkan 5 Kebiasaan Buruk Ini

Oleh Melly Febrida pada 09 Jan 2015, 15:30 WIB
Diperbarui 09 Jan 2015, 15:30 WIB
5 Kebiasaan Buruk Ini Harus Ditinggalkan Agar Hidup Bahagia
Perbesar
Pada tahun 2015 ini, dibanding Anda membuat resolusi yang muluk-muluk, Anda bisa mencoba menendang kebiasaan buruk.

Liputan6.com, Jakarta Setiap manusia memiliki kebiasaan yang baik ataupun yang buruk. Kebiasaan yang baik bisa bermanfaat untuk Anda, sedangkan kebiasaan buruk bisa menghancurkan.

Pada tahun 2015 ini, dibanding Anda membuat resolusi yang muluk-muluk, Anda bisa mencoba menendang kebiasaan buruk yang telah membuat banyak kesedihan di dalam hidup Anda.

Untuk menyingkirkan kebiasaan itu, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat daftar kebiasaan yang menurut Anda membuat hidup Anda sulit. Beberapa kebiasaan buruk bisa saja membahagiakan untuk waktu singkat tapi Anda tahu bahwa itu kesalahan dan cepat atau lambat Anda harus meninggalkannya.

Berikut beberapa kebiasaan buruk yang harusnya Anda tinggalkan agar hidup Anda bahagia seperti dilansir Magforwomen, Jumat (9/1/2015):

2 dari 3 halaman

1-3


1. Menunda

Menunda-nunda waktu bisa menjadi kebiasaan. Ini bisa membuat hidup Anda stres dan jengel. Ketika Anda memiliki sesuatu atau tugas yang harus diselesaikan, mulailah bekerja secepat mungkin. Apabila Anda menunda-nundanya, Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk berpikir bagaimana melakukannya dan stres harus menyelesaikan tepat waktu.

Apabila Anda mulai lebih cepat untuk menyelesaikannya dengan waktu luang Anda, Anda bisa bersantai dan merasa yakin telah melakukan pekerjaan dengan baik.

2. Berhenti di tengah-tengah

Ini umum dilakukan banyak orang yang memulai sesuatu sebagai resolusi tahun baru. Tapi, melupakannya setelah beberapa hari atau beberapa minggu. Bahkan, jika itu bukan resolusi, kebanyakan dari kita meninggalkannya di pertengahan jalan karena kita terlalu malas untuk melanjutkannya atau kita tertarik dengan hal lain.

Daripada menumpuk daftar hal-hal yang telah ditinggalkan di tengah jalan, Anda bisa mencoba menumbukan kebiasaan menyelesaikan apa yang telah Anda mulai pada Tahun Baru ini.

3. Bergosip dan menusuk dari belakang

Bergosip hanya membuang-buang waktu dan menusuk dari belakang merupakan pembunuh hubungan.

Ada begitu banyak hal menarik yang bisa Anda bicarakan dan tak pernah langka membicarakan politik atau ekonomi dengan keluarga atau teman-teman Anda. Bahaslah sesuatu masalah yang bisa membuat Anda mendapat banyak informasi.

Bergosip tak bertujuan membuat Anda cerdas dan hanya menyebarkan rumor jelek.

Cobalah keluar dari kebiasan itu dan mencoba berhenti menjelek-jelekkan oranglain. Juga pastikan Anda tak menjelek-jelekkan orang lain di belakang punggungnya. Apabila Anda menyakiti seseorang, mereka tak akan pernah memaafkannya dan hubungan sulit kembali seperti semula.

3 dari 3 halaman

4-5


4. Berhenti merokok, judi, dan mabuk-mabukan

Merokok tak memiliki manfaat kesehatan dan itu hanya mitos bila merokok menghilangkan stres.

Banyak orang yang mengklaim rokok membuatnya berpikir jauh lebih baik. Merokok dan minum-minuman buruk buat kesehatan Anda dan membuat stres. Begitu pula dengan perjudian yang menguras harta kekayaan dan bisa membuat candu.

Tinggalkan kebiasaan ini dan Anda akan jauh lebih bahagia dalam jangka panjang.

5. Kebiasaan sepele seperti gigit kuku

Cobalah mengakhiri gigit kuku Anda. Cobalah teknik yang berbeda untuk membantu Anda berhenti mengigit kuku ketika tegang. Kebiasaan ini tak hanya membuat jari-jari gemuk dan tak menarik, tapi menggigit juga tak sehat untuk Anda.

Lanjutkan Membaca ↓