Sukses

8 Cara Menjaga Kesehatan dalam 60 Detik

Berikut adalah 8 cara jaga dan tingkatkan kesehatan dalam waktu kurang dari 60 detik.

Liputan6.com, Jakarta Kesehatan tentu merupakan hal yang penting bagi semua orang tanpa terkecuali. Dengan sehat, maka apa pun dapat dilakukan. Untuk itu, menjaga kesehatan adalah hal yang tidak bisa ditawar lagi saat ini.

Tetapi, karena kesibukan yang menyita waktu seperti bekerja atau berkuliah, menjaga kesehatan dengan olahraga pada umumnya menjadi sulit untuk dilakukan. Dalam posisi seperti ini, bagaimana trik agar tetap dapat menjaga kesehatan?

Dikutip dari Huffingtonpost pada Kamis (8/1/2014), banyak orang yang salah saat menganggap menjaga kesehatan hanya dapat dilakukan melalui olahraga-olahraga berat. Menjaga kesehatan juga bisa dilakukan dengan hal-hal kecil, bahkan dibutuhkan waktu tidak lebih dari 60 detik.

Berikut 8 hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan kurang dari 60 detik tersebut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ambil napas dalam

1. Ambil napas dalam-dalam

Tarik napas dalam-dalam adalah cara mudah untuk mengembalikan napas yang dangkal dan baik untuk detak jantung. Melakukan ini, selain mengurangi stres, juga dapat menurunkan tekanan darah.

2. Tertawa

Tahukah Anda, tertawa sebenarnya merupakan penghilang stres alami tubuh manusia. Selain menghilangkan stres, tertawa juga ikut membakar beberapa kalori. 

3. Makan cokelat

Senyawa pada cokelat baik untuk jantung, dari mulai menurunkan tekanan darah hingga meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kolesterol buruk. Makan cokelat dapat Anda lakukan disela-sela kesibukan. 

4. Berpaling dari layar komputer

Jika Anda adalah pekerja kantoran, maka tentu Anda banyak menghabiskan waktu dengan menatap layar komputer. Cobalah untuk melihat sejauh 20 kaki dari tempat Anda berada selama 20 detik tiap 20 menit menatap layar komputer. Cara ini dapat menghilangkan ketegangan.

3 dari 3 halaman

Cuci Tangan

5. Cuci tangan

Mencuci tangan dengan baik dapat menurunkan penderita diare sebanyak 31 persen dan menurunkan penyakit pilek serta penyakit pernapasan lain sebesar 21 persen. Anda dapat melakukannya sebelum masuk kantor, setelah istirahat dan sebelum pulang.

6. Tambah kayu manis pada sarapan

Mengganti garam atau gula dengan rempah-rempah adalah cara yang baik untuk menyimpan kalori tanpa mengurangi cita rasa masakan. Menambahkan kayu manis pada makanan juga dapat menurunkan kadar gula darah.

7. Pose istirahat yang enak

Pose istirahat, baik dalam keadaan tidur atau pose biasa, adalah hal yang penting. Usahakan saat istirahat Anda meregangkan punggung dan leher. Sebab, berjam-jam duduk dan menatap layar tentu sangat menyiksa punggung dan leher Anda. 

8. Gunakan krim tabir surya

Sinar matahari juga merupakan sumber penyakit, terutama penyakit kulit. Gunakanlah krim tabir surya sebelum pergi dari rumah agar Anda terhindar dari penyakit yang disebabkan karena sinar matahari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini