Sukses

Tingkatkan Kualitas Tidur dengan Cara Ini

Membangun kualitas tidur yang baik adalah salah satu cara terbaik untuk tingkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Liputan6.com, Jakarta Membangun kualitas tidur yang baik adalah salah satu cara terbaik untuk tingkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Kualitas tidur yang baik adalah cara ampuh untuk tingkatkan kualitas hidup.

Tetapi, sebagian orang ternyata tidak memiliki kualitas tidur yang baik. Entah karena tidur terlalu larut atau karena kebiasaan-kebiasaan lain.

Berikut adalah cara untuk meningkatkan kualitas tidur yang dapat dicoba mulai malam nanti seperti yang dilansir Mayo Clinic, Selasa (6/1/2015).

1. Buat jadwal tidur yang tetap

Tidur dan bangun lah pada waktu yang sama setiap hari, bahkan pada akhir pekan dan hari libur. Konsistensi dalam hal ini dapat memperkuat siklus tubuh dan membantu untuk meningkatkan kualitas tidur.

2. Perhatikan apa yang Anda makan dan minum

Jangan tidur saat lapar atau terlalu kenyang karena dapat membuat Anda sulit tidur. Batasi juga berapa banyak yang Anda minum sebelum tidur. Hal ini berguna untuk mencegah Anda terbangun di malam hari hanya untuk ke toilet. Minimalisir juga konsumsi nikotin, kafein apalagi alkohol.

3. Ciptakan kebiasaan sebelum tidur

Lakukan satu kebiasaan setiap malam sebelum tidur. Misalnya, mandi dengan air hangat, membaca buku atau mendengarkan musik. Tetapi, hati-hatilah menggunakan perangkat elektronik karena beberapa penelitian menunjukkan bahwa perangkat elektronik tersebut dapat mengganggu tidur Anda.

4. Jauhkan smartphone atau laptop

Jauhkan juga smartphone dan laptop 30 menit sebelum Anda tidur. Selain karena tidak baik untuk kesehatan, hal ini juga dikarenakan saat Anda menggunakan smartphone atau laptop Anda akan cenderung terjaga dan melewati jam tidur yang telah ditetapkan. 

5. Jangan paksa jika memang tidak bisa tidur

Pada akhirnya, jika Anda suatu saat tidak juga bisa tidur meskipun telah masuk jam tidur, jangan melawannya. Bangunlah dari tempat tidur, lalu lakukan kegiatan santai apapun selama 15 menit. Anda dapat lebih cepat kembali ke tempat tidur saat mulai lelah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini