Sukses

Kecanduan Alkohol Bisa Ganggu Sistem Kekebalan Tubuh

Tingginya kadar alkohol dalam darah sebabkan kekebalan tubuh terganggu.

Liputan6.com, New York- Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Kalimat tersebut memang klise dikatakan dalam berbagai hal tapi hal tersebut berlaku juga ketika Anda terlalu banyak minum minuman beralkohol. Selain mabuk, sistem imunitas tubuh pemabuk bekerja lebih lambat dibandingkan saat tak terpapar alkohol.

Fakta ini diketahui lewat sebuah studi kecil yang dilakukan peneliti dari Loyola University terhadap belasan pria dan wanita usia muda. Disebutkan bahwa ketika blood alcohol content atau batas kadar alkohol dalam darah mencapai lebih dari .08 tak hanya terjadi perubahan perilaku. "Efek berbahaya alkohol berdampak pada area lain seperti sistem kekebalan tubuh," terang director of Loyola's Alcohol Research Program dan juga penulis penelitian Elizabet Kovacs.

Dilansir dari laman NY Daily News, Minggu (4/1/2015) sebanyak delapan pria dan delapan wanita berusia sekitar 27 tahun ikut berpartisipasi dalam penelitian ini. Mereka diminta untuk mengonsumsi vodka lalu 20 menit setelah mencapai titik tertinggi racun, darah diambil untuk diperiksa. Ternyata sistem kekebalan tubuh mereka menjadi bekerja lebih laman dari biasanya.

Biasanya seorang pria mendapatkan kadar alkohol dalam darah .08 usai mengonsumsi lima gelas alkhol selama dua jam atau perempuan minum empat gelas selama dua jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini