Sukses

Balita Setahun Mandi Pakai Air Keran Taman, Bolehkah?

Seorang pria menarik perhatian karena memandikan putranya yang berusia 1 tahun dengan air keran di taman. Bolehkah?

Liputan6.com, Beijing Orangtua umumnya memandikan bayinya dengan air hangat. Tapi, di China seorang pria paruh baya memicu perhatian netizen. Bagaimana tidak, si pria itu memandikan balita berusia 1 menggunakan air keran yang dingin di taman Chendu. Bolehkah?

Pengguna Weibo, bermarga Chen, menilai tindakan orangtua itu kejam dengan memandikan bayi menggunakan air dingin seperti dilansir Sinanews dan dikutip Selasa (30/12/2014).

Beberapa warga mengatakan bahwa itu bukan pertama kalinya sang ayah memandikan bayinya dengan air dingin. Ibu bayi Luo Chun yang melahirkan bayinya pada usia 41 tahun mengatakan bahwa sebenarnya ia tak setuju dengan suaminya sejak awal. Tapi, ayahnya yang bernama Tan Juncheng mengatakan anak laki-laki harus dididik keras selama masa kanak-kanal. "Bagaimana kalau ia hidup di padang gurun," katanya.

Sang ayah mulai melatih anaknya untuk mandi air dingin sejak berusia 6 bulan. Tapi itu tak setiap saat. "Tapi seringnya kami menggunakan air hangat untuk memandikannya," kata Chun.

Luo Chun mengatakan, dengan metode didikan suaminya itu bayinya jadi tak gampang sakit sejak lahir.

Xiang Long, seorang dokter di sebuah rumah sakit di Chengdu mengatakan, metode pengasuhan Tan terlalu ekstrem. Bayi mudah terkena pilek bila terkena suhu dingin. Ia juga menambahkan, air keran di taman tidak steril sehingga bayi bisa kontak dengan berbagai bakteri.

Pada 2012, video ayah yang keras juga menjadi sorotan. Di video tersebut seorang ayah memaksa anaknya yang masih berusia 4 tahun untuk berjalan telanjang di atas salju.




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini