Sukses

Agar Gigi Tetap Sehat, Lakukan Hal ini

Selain mengkonsumsi makanan yang kaya magnesium, kebiasaan membersihkan gigi setelah makan jadi kunci menjaga gigi tetap sehat

Liputan6.com, Jakarta Memiliki gigi putih, bersih, sehat dan kuat merupakan dambaan setiap orang. Selain dapat menambah rasa percaya diri, gigi yang sehat juga menjadi bukti bahwa orang tersebut telah menerapkan pola makan dan hidup yang sehat.

Lantas, jenis makanan seperti apa yang dapat menjaga gigi agar tetap sehat dan kuat. Dikutip dari laman Healthmeup, berikut 8 jenis makanan yang direkomendasi untuk menjaga kesehatan gigi Anda:

1. Beras merah
Beras merah kaya akan magnesium dan juga mengandung berbagai jenis vitamin B yang penting untuk menguatkan gigi dan menjaga kesehatan gusi.

2. Sereal
Mengonsumsi sereal tanpa gula juga bisa menyehatkan gigi. Bila perlu, sertakan juga beras merah, gandum, oat dan jagung dalam diet harian Anda.

3. Susu
Satu skim juga dipercaya dapat menguatkan dan mencegah kerusakan gigi. Tapi susu harus dikonsumsi tanpa gula dan bahan-bahan buatan lainnya untuk mencegah gigi berlubang.

4. Yoghurt
Yoghurt dapat membuat gigi kuat dan gusi yang sehat. Selain itu, yoghurt juga membantu mencegah gigi berlubang, menghindari plak dan bau mulut. Tapi, ingat manfaat yoghurt ini didapatkan bila tanpa gula dan pemanis buatan.

5. Keju
Konsumsi keju ternyata dapat bisa mencegah erosi gigi.

6. Brokoli
Brokoli sangat baik untuk mencegah gigi berlubang karena mengandung kalsium dan serat. Kedua elemen ini bisa mengurangi kemungkinan kerusakan gigi dan juga memperbaiki gusi

7. Kacang
Kacang mengandung protein yang sangat penting untuk membangun sel-sel dalam menjaga kesehatan gigi.

8. Kacang hijau
Ya, kacang hijau. Makanan ini selain menyehatkan gigi juga dapat mengatur gula darah, meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah kanker perut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Kebiasaan agar Gigi Sehat

Bagi Anda yang gemar makan makanan manis, tak perlu takut dan ragu untuk menikmati makanan tersebut. Jika Anda melakukan 5 kebiasaan dibawah ini dengan baik, gigi Anda tetap dapat terjaga kesehatannya.

5 Kebiasaan Menjaga Gigi Tetap Sehat...

Masih dari laman Healthmeup, Spesialis Gigi dan Mulut asal India, Dr Vanishree, menjelaskan benang gigi, rajin membilas mulut atau berkumur juga dapat menjaga kesehatan gigi. Selengkapnya 5 kebiasaan yang perlu Anda lalu demi gigi sehat :

1. Floss
Sikat gigi saja tidak dapat mencapai semua celah-celah gigi. Maka itu, kita dianjurkan untuk membersihkan gigi menggunakan benang gigi, setidaknya dua kali sehari.

2. Menyikat gigi
Ketika partikel makanan tidak terangkat secara menyeluruh dari gigi, asam yang terbentuk dari makanan akan beralih ke enamel, sehingga membuat kita mengalami kerusakan gigi. Menyikat gigi dua kali sehari dan mengikuti semua saran dokter gigi adalah cara yang harus selalu dijalani.

3. Bilas mulut
Bilaslah mulut Anda agar mengangkat semua partikel makanan dari gigi Anda. Selain menyikat gigi dan melakukan flossing, membilas selalu mulut pun harus tetap Anda lakukan.

4. Hindari junk food
Diet tinggi karbohidrat, gula, dan pati berdampak buruk pada gigi. Sebab, Anda akan mengalami masalah bau mulut, dan masalah kesehatan gigi Anda.

5. Rutin ke dokter gigi
Kunjungilah dokter gigi setiap enam bulan sekali untuk membersihkan gigi yang merupakan cara penting untuk menjaga kesehatan gigi dan rongga mulut.

Bersama Unilever dan Project Sunlight mari dukung penyediaan edukasi dan fasilitas sanitasi di Sumba NTT. Partisipasi Anda dapat menciptakan masa depan lebih sehat. Klik di sini.

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini