Sukses

Kebanyakan Peserta JKN Derita Gangguan Kolesterol

Peneliti mengungkapkan penderita penyakit kronis dan kolesterol cenderung agresif mendaftar Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Liputan6.com, Jakarta Sebuah jajak pendapat yang melibatkan 681 responden di 20 Provinsi oleh Pusat Kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (PKEKK FKM UI) cukup menarik. Peneliti mengungkapkan penderita penyakit kronis dan kolesterol cenderung agresif mendaftar Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Seperti disampaikan Ketua PKEKK FKM UI, Prof. Dr. Hasbullah Thabrany, MPH, DrPH bahwa ada kecenderungan mereka yang sakit paling agresif mendaftar JKN di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) karena manfaatnya.

"Mereka yang punya penyakit lebih agresif. Tapi nggak apa-apa lah, JKN ini kan jaminan kesehatan untuk mereka," kata Hasbullah saat temu media di bilangan Menteng, Jakarta, Kamis (18/12/2014).

Prof Hasbullah menerangkan, dari variabel penyakit, mereka yang mendaftar JKN cenderung memiliki penyakit seperti hipertensi, diabetes melitus, kanker, jantung, astma, dan kolesterol tinggi hingga 71 persen.

Sebelumnya, Kepala Humas BPJS Kesehatan, Irfan Humaedi menyampaikan bahwa saat ini BPJS tengah menarik orang sehat agar mau mendaftar sehingga mereka dapat terjamin kesehatannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini