Sukses

Resep Donat Kentang dengan Lapisan Sirup Maple

Donat kentang, resep kue sehat dengan nol lemak. Silakan dicoba.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu makanan ringan yang disukai oleh masyarakat Indonesia adalah donat. Selain rasanya yang memang enak, donat juga disukai karena resep kue ini sangat sederhana. Hanya perlu adonan tepung terigu, gula, telur dan mentega, maka donat pun sudah siap untuk dikonsumsi.

Saat ini, variasi donat sudah cukup banyak, entah dalam hal bentuk maupun bahan-bahannya. Salah satu variasi dari donat adalah donat kentang. Dengan mencampurkan kentang pada adonan, donat akan memiliki rasa yang khas dan lebih enak.

Salah satu resep kue donat kentang adalah "skinny sweet potato donuts wiith maple glaze". Selain enak, resep kue donat ini sangat sehat karena rendah kalori dan nol lemak. Berikut resepnya seperti yang dilansir dari Buns In My Oven, Rabu (17/12/2014).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bahan-bahan

Bahan-bahan

Untuk donat:

- 15 ons kentang

- 1 butir telur

- 1/4 sirup maple murni

- 1 sdm yoghurt nol persen lemak

- 1 sdt vanili

- 2/3 cangkir terigu tepung

- 1 sdt baking soda

- 1/4 sdt garam

- 1 sdt bubuk kayu manis

Untuk lapisan:

- 1 sdm mentega

- 3 sdm sirup mapel murni

- 1/2 cangkir gula bubuk

 

3 dari 3 halaman

Cara Membuat

Cara Membuat

Pertama, panaskan oven sampai 350 derajat. Oleskan loyang dengan minyak anti lengket. Setelah itu, pastikan tidak ada lagi cairan pada kentang dan haluskan kentang menggunakan blender atau alat lainnya.

Kedua, campurkan kentang yang telah dihaluskan tersebut dengan telur, sirup maple, yoghurt dan vanili pada mangkuk sedang sampai tercampur rata. Campurkan juga tepung, baking soda, garam dan kayu manis pada mangkuk yang lebih kecil. Setelah itu, campurkan kembali adonan pada mangkuk sedang dan mangkuk kecil hingga merata. 

Ketiga, masukkan adonan ke dalam loyang dan panggang selama 11 menit. Setelah itu, biarkan donat dingin di dalam oven selama 5 menit sebelum dikeluarkan. Sementara donat didinginkan, siapkanlah lapisan untuk donat.

Cairkan mentega dan sirup maple dalam panci kecil dengan api kecil. Aduk hingga merata. Setelah itu, masukkan juga gula halus dan aduk-aduk lagi hingga halus.

Terakhir, keluarkan donat dalam oven dan oleskan campuran sirup maple pada bagian atas donat.

Donat kentang berlapis sirup maple pun siap dihidangkan. Dalam tiap donat mengandung 230 kalori dan 0 lemak sehingga Adan tidak perlu khawatir gemuk saat memakannya. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini