Sukses

Cedera Kaki Bisa Berujung pada Sakit Pinggang, Hati-hati

Masalah kesehatan kaki dapat menyebabkan rasa sakit atau masalah pada postur tubuh, pergerakan dan masalah lain yang tidak terjadi di kaki.

Liputan6.com, Jakarta Menjaga kesehatan kaki apa perlunya? Bagi sejumlah orang mungkin kesehatan sering disepelekan. Padahal, masalah kesehatan kaki dapat menyebabkan rasa sakit atau masalah pada postur tubuh, pergerakan dan masalah lain yang tidak terjadi di kaki.

Untuk mengetahui lebih lanjut kesehatan kaki, Tim Health-liputan6.com berkesempatan mengunjungi Foot Clinic Indonesia yang terletak di Rukan Permata Senayan, Jakarta. Ternyata, menjaga kesehatan kaki tidak semudah seperti apa yang kita bayangkan.

Seperti disampaikan Specialist Foot sekaligus Fisioterapis Budi Indra Buwono, AMF bahwa kesehatan kaki merupakan komponen penting dalam kesehatan tubuh lantaran anggota tubuh paling bawah itu merupakan pondasi ketika kita berpijak.

"Ada Banyak masalah kesehatan kaki. Misalnya, Bagi yang suka olahraga jika cedera dapat mengubah struktur kaki yang berujung pada sakit pinggang, sakit tumit, masalah otot, gangguan persendian dan sebagainya," kata Budi.

Saking penasaran, Tim juga sempat mencoba skrining kaki. Hasilnya mengejutkan. Meski tidak Ada pergeseran bentuk kaki, namun pondasi berdiri dan berjalan mempengaruhi pijakan normal.

"Pasti kalau berdiri, tubuhnya cenderung condong kedepan. Kondisi ini lambat laun akan mempengaruhi pinggang," ujarnya.

Masalah kaki, kata Budi, memang sering diabaikan. Padahal, kaki adalah tumpuan tubuh yang mempengaruhi kesehatan secara umum. Kaki juga yang berfungsi menjaga keseimbangan dan pergerakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini