Sukses

Hobi Aneh, Ibu Ini Suka Makan Tisu Toilet Semenjak Hamil

Jika calon ibu lain gemar makan makanan asam hingga cokelat, perempuan ini kecanduan makan tisu toilet hingga sekarang.

Liputan6.com, London Saat hamil para ibu sering mengidam sesuatu mulai dari hal yang biasa dikonsumsi sehari-hari maupun aneh-aneh. Namun, adakah yang ingin makan tisu toilet saat hamil?

Hal tersebut terjadi pada perempuan asal Inggris bernama Jade Sylvester (25) saat hamil anak kelimanya, Jaxo, keinginan untuk makan tisu toilet setiap hari tak terbendung. Bahkan kebiasaan ini berlangsung hingga sekarang.

Diduga, Sylvester mengalami sebuah sindrom bernama Pica. Suatu kondisi dimana seseorang mengonsumi sesuatu yang tidak biasa dimakan dan tida memiliki nilai gizi sama sekali. Selain tisu toilet, bisa juga kaca, pasir, karpet, lilin hingga spons.

Sylvester juga tidak tahu apa penyebab ia keranjingan mengonsumsi tisu toilet ini. "Pada usia kehamilan dua bulan, saya mulai ketagihan tisu toilet. Saya tidak tahu mengapa, namun saya suka teksturnya saat berada di mulut. Rasanya kering," ungkapnya seperti dilansir Daily Mail pada Rabu (11/12/2014).

Meskipun seluruh anggotanya mengatakan kebiasaan ini tidak baik, tapi Sylvester tak bisa menahan makan tisu gulung.  Padahal mengonsumsi sesuatu yang tidak layak konsumsi manusia seperti tisu bia mengalami komplikasi serius jika tidak bisa dicerna.

Pada beberapa kasus, sindrom Pica memang terjadi pada wanita hamil. Menurut Journal of American Dietic Association hal ini ada keterkaitan dengan kekurangan zat besi yang biasa terjadi pada masa kehamilan.

Namun, mengonsumsi sesuatu yang tidak diperlukan tubuh seperti tisu gulung ini berpotensi membahayakan ibu dan janin menurut American Pregnancy Association.

Untungnya, saat Jaxo lahir tidak ada masalah dengan kesehatannya. Ia pun tumbuh normal seperti bocah lainnya.

Sylvester pikir usai melahirkan Jaxo kecanduannya terhadap tisu toilet berhenti. Nyatanya hingga kini ia tetep mengonsumsi sekitar satu gulung setiap harinya. "Kini setiap kali saya akan ke kamar mandi saya akan coba menahannya karena saya tahu akan makan tisu lagi. Tapi gagal dan makan delapan lembar setiap kali ke toilet," terangnya.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini