Sukses

5 Fakta Mengejutkan tentang Urine

Mulai dari warna yang bisa berubah hingga memutihkan gigi. Cari tahu fakta tentang urine selengkapnya.

Liputan6.com, New York Buang air kecil merupakan hal yang setiap hari selalu kita lakukan. Bahkan intensitasnya bisa lebih dari tiga kali per harinya. Namun, banyak hal-hal yang tak banyak diketahui mengenai cairan yang disebut dengan urine ini.

Dilansir dari laman Good Housekeeping pada Senin (8/12/2014) berikut lima hal yang bisa jadi belum Anda ketahui tentang urine.

1. Tanda kesehatan organ vital tubuh
Urine bisa memberitahu menenai kesehatan pada ginjal, jantung dan hati Anda. Seberapa sering Anda buang air kecil menandakan adanya masalah kesehatan.

2. 95 persen terdiri dari air
Hampir sepenuhnya urine mengandung air. Sisanya, yaitu sekitar 2,5 persen urea dan 2,5 persen lagi mengandung garam, kreatin. Selama hidup, ginjal telah membersihkan sekitar satu juta galon air menjadi urin.

3. Bau urine tidak selalu menunjukkan hal yang buruk
Makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh seperti asparagus, alkohol, kopi dan bawang putih bisa menghasilkan bau urine seperti bau makanan tersebut. Namun, jika air seni berbau seperti salah satu bau berikut menjadi tanda sesuatu:
- Bau amonia, bisa menjadi indikator dehidrasi
- Bau apek, bisa jadi indikator penyakit hati
- Bau busuk mengindikasikan infeksi kandung kemis
- Bau manis mengindikasikan diabetes

4. Warna urine berubah
Pasti ini adalah hal yang sudah Anda ketahui. Warna urin bisa kuning muda maupun kuning pekat. Namun, ketika urina berwarna cokelat atau merah ini sudah jadi alarm bagi Anda sebagai indikasi kerusakan ginjal maupun hati.

5. Urine bisa memutihkan gigi
Bangsa Romawi Kuno menyarankan membilas mulut dengan urine untuk mendapatkan gigi yagn putih. Dan ternyata, di dunia zaman sekarang, hal ini memang benar. Kandungan amonia dalam urine bisa membuat gigi lebih putih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini