Sukses

Anak Usia Pra Sekolah Bisa 10 Kali Kena Flu Tiap Tahun

Data menunjukkan bahwa anak usia pra sekolah bisa terkena flu hingga 6 sampai 10 kali per tahun.

Liputan6.com, Jakarta Orangtua mana yang tega melihat buah hatinya jatuh sakit. Sayangnya, data menunjukkan bahwa anak usia pra sekolah bisa terkena flu hingga 6 sampai 10 kali per tahun.  Selain belum memiliki daya tahan tubuh yang sempurna, faktor lingkungan memiliki peranan besar sebabkan anak-anak terkena flu.
 
"Saat di sekolah, anak-anak bermain dengan bebas dengan temannya. Disinilah terjadi penularan flu. Penularan dengan memegang permainan yang sama. Misalnya saat anak yang sakit flu bermain boneka, lalu boneka tersebut dipinjam anak yang sehat. Kemudian anak tersebut mengucek mata dan hidung, ya bisa masuk virusnya," terang dokter ahli telinga hidung dan tenggorokan dari Rumah Sakit Gandaria, dr. Rusdian Utama Roeslani, SpTHT-KL di Jakarta pada Rabu (3/12/2014).
 
Oleh karena itu ia menyarankan bahwa jika anak sudah timbul gejal flu, lebih baik tak usah sekolah. "Kasian anak-anak lain di sekolah akan tertular," ujarnya.
 
Untungnya sering bertambahnya usia, intensitas terkena flu semakin sedikit. Bahkan pada usia 60 tahun ke atas bisa hanya sekali setahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini