Sukses

Komnas Anak : Hingga September, 408 Anak Terinfeksi HIV AIDS

Kurun Januari hingga September 2014 sebanyak 408 anak di sejumlah kota besar di Indonesia terjangkit HIV AIDS.

Liputan6.com, Jakarta Hari AIDS Sedunia jatuh setiap tanggal 1 Desember. Meninjak lanjuti peringatan tersebut, Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), Arist Merdeka Sirait, mengatakan bahwa kurun Januari hingga September 2014 sebanyak 408 anak di sejumlah kota besar di Indonesia terjangkit HIV AIDS.

"Data-data itu kami dapatkan dari mitra atau lembaga perlindungan anak yang ada di sejumlah kota besar seperti Jakarta, Makassar, Medan dan Bandung," kata Arist di Jakarta, ditulis Rabu (3/12/2014).

Ia mengatakan jumlah itu meningkat dari data yang dihimpun sepanjang 2013 sebanyak 372 orang anak.

Rata-rata anak yang terinveksi HIV AIDS tersebut berumur 12 tahun dan merupakan korban dari hasil hubungan suami istri yang salah satu atau keduanya mengidap virus yang menyerang kekebalan tubuh itu.

"Tahun lalu anak yang terinfeksi sebanyak 372, kalau ditotal dengan 2014 menjadi 780 anak," katanya.

Arist mengatakan data itu baru data yang sementara yang dilaporkan kepada Komnas PA dan bukan data total secara nasional.

"Data dari Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) mungkin akan lebih banyak hingga empat kali lipatnya," katanya.

Ia berharap pemerintah lebih serius menangani permasalahan AIDS khususnya bagi anak-anak yang telah terlanjur mengidap HIV AIDS.

"Jangan hanya mengurusi penanggulangan HIV AIDS saja, tetapi juga nasib dari anak-anak yang menjadi korbannya itu," kata Arist. Selamat Hari AIDS Sedunia! Budi Suyanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini