Sukses

Ratusan Odha Bengkulu Gelar Aksi Turun Jalan di Hari AIDS Sedunia

Ratusan orang dengan HIV AIDS (ODHA) di Bengkulu menggelar aksi turun ke jalan dalam rangka Hari AIDS Sedunia.

Liputan6.com, Jakarta Ratusan orang dengan HIV AIDS (ODHA) di Bengkulu menggelar aksi turun ke jalan dalam rangka Hari AIDS Sedunia.

Mereka melakukan long march dari kawasan Masjid Jamik menuju Simpang Lima Kota Bengkulu membawa spanduk imbauan kepada masyarakat untuk peduli terhadap penyakit mematikan itu sambil membagikan bunga kepada para pengguna jalan.

Setibanya di simpang lima, mereka berbaur dengan para duta HIV AIDS Provinsi Bengkulu melakukan aksi teatrikal dan menandatangani petisi ajakan kepada masyarakat untuk mencegah hiv dan himbauan untuk melakukan tes ARV agar bisa mendeteksi penularan virus sejak dini.

Koordinator aksi Dewa Putu Gede menyatakan, aksi ini digelar untuk mencapai target zero new HIV infection, atau kampanye tidak ada lagi penderita baru terkait virus HIV.

"Target kita tahum 2015 tidak ada lagi penderita baru," ujar Dewa di Bengkulu (1/12/2014).

Dalam upaya pencegahan dan penanggulangan ini kata Dewa dilakukan dengan cara meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat dengan memanfaatkan momentum yang ada.

Juga dengan memastikan seluruh populasi kunci dan beresiko mendapatkan infomasi yang tepat dan benar mengenai hiv aids serta menjalankan prilaku aman dari tertular hiv, memastikan odha memiliki kemudahan akses dalam perawatan dan pengobatan serta layanan kesehatan yang dibutuhkan.

Puncak acara dilakukan upacara bendera di halaman Lembaga Pemasyarakatan kelas IIA Bengkulu diikuti para narapidana dan tahanan LP.

Saat ini di Bengkulu terdapat 568 orang terinveksi HIV AIDS, dengan angka kematian sebanyak 2 orang setiap bulan. Semoga aksi turun ke jalan di Hari AIDS Sedunia ini bisa menimbulkan kesadaran. (Yuliardi Hardjo Putra)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini