Cegah Obesitas Anak dengan Metode 5210

Oleh Liputan6 pada 25 Nov 2014, 17:05 WIB
Diperbarui 25 Nov 2014, 17:05 WIB
Cegah Obesitas Anak dengan Metode 5210
Perbesar
Pakar tumbuh kembang anak, Dr Aman Pulungan Sp A(K) memberi tips untuk mencegah obesitas atau kegemukan pada anak dengan 5210.

Liputan6.com, Jakarta Pakar tumbuh kembang anak, Dr Aman Pulungan Sp A(K) memberi tips untuk mencegah obesitas atau kegemukan pada anak dengan 5210.

"Artinya 5 dari lima kali anak makan buah dan sayur setiap harinya," ujar Aman dalam acara peringatan ulang tahun ketiga RS Daya Medika di Jakarta, ditulis Senin Selasa (25/11/2014).

Kemudian, 2 yang dimaksud adalah maksimal dua jam waktu anak untuk menonton televisi maupun mengerjakan pekerjaan rumah.

"Satu yang dimaksud adalah anak harus satu jam terpapar sinar matahari."

Sementara 0 adalah nol gula atau tanpa gula. Dengan demikian anak bisa terhindar dari obesitas.

Obesitas menjadi salah satu penyebab diabetes pada anak. Jumlah anak yang menderita diabetes saat ini sebanyak 1.100 atau naik 500 persen dalam kurun waktu lima tahun.

"Diabetes ada yang disebabkan genetik dan ada juga obesitas. Penyebabnya, ya kelakuan keluarga yang membolehkan anak makan sembarangan ketika libur," terang dia.

Ciri-ciri diabetes pada anak yakni mudah haus, sering buang air kecil, selalu lapar, penurunan berat badan yang tidak sehat, selalu lelah, masalah penglihatan, dan infeksi ragi.

Aman mengimbau para orang tua yang mempunyai anak-anak dengan ciri di atas untuk membawanya ke dokter sebelum terlambat. "Hampir setiap hari ada orang tua yang datang untuk konsultasi dengan saya," tukas dia.

Saat ini, Indonesia menempati peringkat kesepuluh dengan jumlah penderita diabetes terbanyak di dunia. Diperkirakan penderita diabetes akan semakin meningkat setiap tahunnya karena perubahan gaya hidup masyarakat.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya