Sukses

Mudah Lupa? Ini Cara Melawannya

Lima cara mudah cegah jadi si Pelupa.

Liputan6.com, London Semakin tua usia seseorang daya ingatnya semakin menurun. Hal ini disebabkan karena otak mulai menyusut. Hal tersebut pasti terjadi namun ada banyak cara untuk memperlambat kemampuan otak tak mudah lupa maupun menjadi pikun di saat tua.

Lima diantaranya bisa dialakuan dari sekarang seperti dilansir dari Independent pada Jumat (21/11/2014) yaitu:

1. Kurangi paparan asap rokok dan knalpot
Segala radikal bebas seperti asap rokok, asap knalpot, dan makanan berlemak bisa memengaruhi kesehatan otak. Namun, zaman sekarang tentu sulit sekali untuk menghadapi hal ini. Oleh karena itu tangkal dengan aneka makanan kaya antioksidan seperti buah dan sayur segar.

2. Berjalan kaki
Olahraga intensif sesederhana berjalan kaki mampu menjaga otak berfungsi lebih baik. Hal ini karena olahraga membuat kerja hati dan pembuluh darah terus sehat sehingga mampu mengalirkan aliran dara dengan membawa nutrisi ke otak dengan lancar.

3. Belajar memainkan alat musik

Meski sudah jago main gitar atau piano, ayo tambah lagi kemampuan Anda memainkan alat musik lainnya.  Bermain alat musik merupakan sebuah senam otak karena diperlukan kerja banyak organ tubuh untuk bisa menghasilkan nada-nada indah.

4. Main catur
Permainan yang masuk kategori olahraga ini membutuhkan kekuatan pikiran untuk bisa memainkannya. Untuk bisa bergerak, pemilihan strategi harus tepat. Hal ini membuat otak terus aktif sehingga tak akan lupa.

5. Ikut kelas menari
Mengikuti kelas menari pada dasarnya baik untuk aktivitas sosial Anda. Mempertahankan kontka sosial dengan orang lain memiliki dampak positif pada kesehatan mental seseorang.
Selain itu, menari merupakan aktivitas yang harus memperhatikan gerakan dan irama musik yang membuat otak terus terjaga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.