Sukses

Jangan Lakukan Ini Bila Kulit Berminyak dan Berjerawat

Meski kulit berminyak rentan berjerawat dan iritasi, namun cara mencuci muka yang benar dapat meminimalisasinya.

Liputan6.com, Jakarta Bukan salah Anda jika memiliki kulit berminyak. Meski kulit berminyak rentan berjerawat dan iritasi, namun cara mencuci muka yang benar dapat meminimalisasinya.

Seperti dikutip Healthmeup, Jumat (21/11/2014) simak ulasannya apa yang boleh dikakukan dan tidak boleh dilakukan pada kulit berminyak:

Jangan lakukan

1. Jangan memencet jerawat

Apabila kulit berjerawat dan cenderung berminyak, jangan sekali-kali menekan jerawat. Kulit yangan yang kotor malah akan memperburuk kondisi jerawat dan menyebabkan iritasi kulit.
 
2. Jangan gunakan pembersih wajah berbahan dasar minyak. Gunakan hanya asam salisilat dan berbahan air agar kulit tetap lembut.

3. Jangan lupakan pelembap (sunblock)

Mitos, bila ada yang bilang kalau kulit berjerawat tidak perlu pelembap. Tipsnya, pilihlah pelembab bebas minyak atau berbahan gel atau serum.

4. Jangan sering mencuci wajah

Mencuci wajah Anda terlalu sering akan mengakibatkan iritasi kulit dan membuat kulit Anda lebih rentan rusak. Cuci wajah Anda tiga kali sehari dan gunakan kertas penyerap minyak ekstra.

Lakukan

1. Gunakan pembersih wajah berbahan Asam Salisilat dan produk Non-Comedogenic. Asam salisilat akan mengurangi kemerahan dan peradangan sedangkan produk non-comedogenic tidak akan menutup pori-pori.

2. Gunakan kertas minyak.

3. Lakukan cuci muka dengan benar. Dokter kecantikan di Rumah Cantik Theresia, Dr Theresia Tedjasukmana mengatakan, Gosok dengan lembut wajah menggunakan susu pembersih dengan gerakan melingkar selama 30 detik sebelum dibilas. Cuci wajah Anda dengan air bersih. Setelah kering, gunakan toner untuk menutup pori-pori Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini