Jangan Lakukan Ini Bila Kulit Berminyak dan Berjerawat

Oleh Fitri Syarifah pada 21 Nov 2014, 18:30 WIB
Diperbarui 21 Nov 2014, 18:30 WIB
Cara Bikin Masker Baking Soda Untuk Atasi Jerawat dan Komedo
Perbesar
Dikutip melalui situs resmi Dr. Oz, berikut adalah cara membuat masker dari baking soda untuk mengatasi jerawat yang mengganggu.

Liputan6.com, Jakarta Bukan salah Anda jika memiliki kulit berminyak. Meski kulit berminyak rentan berjerawat dan iritasi, namun cara mencuci muka yang benar dapat meminimalisasinya.

Seperti dikutip Healthmeup, Jumat (21/11/2014) simak ulasannya apa yang boleh dikakukan dan tidak boleh dilakukan pada kulit berminyak:

Jangan lakukan

1. Jangan memencet jerawat

Apabila kulit berjerawat dan cenderung berminyak, jangan sekali-kali menekan jerawat. Kulit yangan yang kotor malah akan memperburuk kondisi jerawat dan menyebabkan iritasi kulit.
 
2. Jangan gunakan pembersih wajah berbahan dasar minyak. Gunakan hanya asam salisilat dan berbahan air agar kulit tetap lembut.

3. Jangan lupakan pelembap (sunblock)

Mitos, bila ada yang bilang kalau kulit berjerawat tidak perlu pelembap. Tipsnya, pilihlah pelembab bebas minyak atau berbahan gel atau serum.

4. Jangan sering mencuci wajah

Mencuci wajah Anda terlalu sering akan mengakibatkan iritasi kulit dan membuat kulit Anda lebih rentan rusak. Cuci wajah Anda tiga kali sehari dan gunakan kertas penyerap minyak ekstra.

Lakukan

1. Gunakan pembersih wajah berbahan Asam Salisilat dan produk Non-Comedogenic. Asam salisilat akan mengurangi kemerahan dan peradangan sedangkan produk non-comedogenic tidak akan menutup pori-pori.

2. Gunakan kertas minyak.

3. Lakukan cuci muka dengan benar. Dokter kecantikan di Rumah Cantik Theresia, Dr Theresia Tedjasukmana mengatakan, Gosok dengan lembut wajah menggunakan susu pembersih dengan gerakan melingkar selama 30 detik sebelum dibilas. Cuci wajah Anda dengan air bersih. Setelah kering, gunakan toner untuk menutup pori-pori Anda.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya