Sukses

Separuh Toilet Sekolah di Indonesia Jorok

Sanitasi sepertinya masih menjadi tantangan bagi Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Sanitasi sepertinya masih menjadi tantangan bagi Indonesia. Data dari Direktorat Permukiman dan Perumahan BAPPENAS menujukkan bahwa pada 2012 akses sanitasi bersih baru menjangkau 58,8 persen penduduk Indonesia. Artinya lebih dari 40 persen penduduk masih belum dapat menikmati fasilitas sanitasi yang memadai, termasuk fasilitas toilet di sekolah.

Begitu disampaikan Brand Building Domestos, Imee Putri saat temu media mendukung program ‘Gerakan Toilet Higienis’ disekolah-sekolah. Menurutnya, program ini mengajak anak-anak untuk memiliki kesadaran menjaga higienitas toilet sebagai salah satu bentuk perilaku hidup bersih dan sehat.

"Sejak empat tahun lalu, program ini kami lakukan setiap tahun bertepatan dengan perayaan Hari Toilet Sedunia yang dirayakan tiap tanggal 19 November. Hal ini menjadi penting karena toilet bersih merupakan indikator baik dan tentunya sangat memengaruhi kesehatan dan kemampuan anak untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan baik," kata Imee, ditulis Rabu (19/11/2014).

Ketua Umum Asosiasi Toilet Indonesia, Naning Adiwoso juga membenarkan bahwa kondisi umum toilet sekolah di Indonesia, bahkan yang berada di perkotaan sekalipun banyak yang masih tergolong jauh dari ideal. Hal ini disebabkan oleh rendahnya pengetahuan pihak sekolah mengenai pentingnya mendesain, membangun, hingga memelihara toilet sehingga terjamin higienitasnya.

”Beberapa kondisi memprihatinkan yang sering ditemui pada toilet sekolah antara lain jumlah toilet tidak mencukupi sesuai dengan jumlah murid di sekolah, tidak tersedianya air bersih dalam jumlah yang cukup di dalam bak air, jamban atau kloset yang tidak bersih, berbau, dan dapat dijamah oleh serangga, tidak adanya tempat cuci tangan yang memadai, ventilasi dan pencahayaan toilet yang masih kurang, belum tercukupinya fasilitas pendukung kebersihan toilet, seperti pembersih toilet yang mampu membunuh kuman dengan maksimal, dan lain-lain,” kata Naning.

Naning menambahkan, menjaga kebersihan toilet dan membangun kesadaran untuk menjaga toilet tetap bersih adalah penting guna menjaga kesehatan setiap individu dan meningkatkan derajat kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini