Sukses

Sup Ayam hingga Wine, Makanan Tepat Kala Sakit

Aneka makanan bisa bantu percepat kesembuhan berbagai penyakit ringan.

Liputan6.com, Jakarta Berbagai penyakit ringan seperti batuk, pilek, dan pusing ternyata bisa dibantu kesembuhannya dengan mengonsumsi beberapa makanan. Dilansir dari Good Housekeeping pada Selasa (18/11/2014) ini makanan yang bisa bantu daya tahan tubuh.

1. Sup ayam

Bila menderita hidung tersumbat, mual, sakit kepala tubuh adalah saat tepat untuk makan sup ayam. Kondisi sakit seperti membutuhkan nutrisi dari makanan serta cairan untuk melawan virus. Selain itu, kombinasi kaldu ayam dan syuran sehat bisa membantu mengurangi penyakit infeksi saluran pernapasan atas (ISPA).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Buah dan sayuran

2. Buah dan sayuran hijau
Saat dilanda gejala batuk saatnya Anda mengonsumsi aneka buah dan sayur yang kaya Vitamin C sperti jeruk, grapfruit, strawberi, kiwi, paprika dan bunga kol. Menurut National Institutes of Health buah dan sayur tersebut bisa mengurangi gejala batuk dan membuat batuk lebih cepat selesai.

Ahli gizi bernama Jaclyn London, MS, RD, CDN menyarankan untuk mengonsumsi sayur-sayuran hijau. "Sayuran hijau memiliki 130 persen kebutuhan Vitamin C setiap hari dan 122 persen Vitamin A. Keudanya kaya antioksidan yang bisa melawan batuk," ungkapnya.

3. Aneka bawang
Bawang merah, bawang putih dan daun bawang bisa meningkatkan kekebalan tubuh serta antimikroba dan antivirus yang dapat membantu memerangi sinus. Bukti nyata khasiat bawang putih dibuktikan dalam penelitian tahun 2001. Para responden diberikan suplemen bawang putih ada juga yang diberikan plasebo. Mereka yang mengonsumsi suplemen bawang putih sekali sehari selama 12 minggu merasa lebih sehat dan tidak pilek dibandingkan yang mengonsumsi plasebo.

3 dari 4 halaman

Ikan

4. Ikan
Salmon, tuna, makarel dan tiram kaya asam lemak Omega-3 yang membantu lawan peradangan yang membahayakan sistem kekebalan tubuh saat musim hujan. Tiram juga kayaka akan seng yang mencegah virus berkembang biak.

5. Kopi dan teh
Dua minuman ini mengandung antioksidan yang baik untuk melawan virus flu. Jika mau memberikan manfaat, tambahkan satu sendok madu dan jahe pada teh.

4 dari 4 halaman

Cokelat

6. Cokelat hitam
Cokelat hitam (cokelat yang mengandung kakao murni lebih dari 70 persen) mengandung antioksidan yang mampu melawan aneka penyakit dengan makan satu ons per hari.

7. Red wine
Asalkan tidak banyak, cukup satu gelas anggur merah per hari akan membantu Anda menghadapi flu dengan kandungan antioksidannya. Namun pastikan, bahwa Anda tidak mengonsumsi obat berdekatan dengan minuman beralkohol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini