Sukses

Ponsel Sebabkan Jerawat, Hindari dengan 4 Langkah Ini

Jangan sampai gara-gara ponsel wajah berjerawat. Hindari dengan empat langkah ini.

Liputan6.com, Jakarta Pernah mendapati jerawat berada di area sekitar pipi Anda? Ternyata kebiasaan Anda mengangkat telepon yang masuk ke ponsel bisa jadi salah satu penyebab munculnya jerawat bandel di pipi.

"Banyak bakterian yang terakumulasi di ponsel yang tak dapat dilihat oleh mata manusia. Sehingga saat mengangkat telepon yang bersentuhan dengan kulit, tak hanya ponsel yang menempel, bakteri juga," terang ahli kulito Debra Jaliman, M.D. seperti dilansir Women's Health pada Senin (17/11/2014)/

Lalu pada saat kulit berkeringat, bakteri akan terperangkap di pori-pori sehingga menyebabkan jerawat tumbuh pada bagian pipi Anda seperti tutur Jaliman. Untuk mencegah hadirnya jerawat di wajah ada beberapa cara yang bisa dicoba, diantaranya:

1. Menggunakan headphone
Pada saat mengangkat telepon gunakan headphone. "Dengan cara ini, bakteri yang ada pada layar ponsel tidak akan bersentuhan dengan kulit wajah selama panggilan berlangsung," terang Jaliman.

2. Bersihkan ponsel
"Jika jerawat di pipi adalah masalah Anda, bersihkan ponsel Anda setiap hari dengan kain mikrofiber," jelas Jaliman.

3. Hindari ponsel menekan wajah
Saat mengangkat telepon jangan terlalu menekan kulit Anda. "Hal tersebut akan menyebabkan jerawat muncul karena adanya tekanan dan gosokan pada kulit," ungkap Jaliman.

4. Bersihkan wajah
Menurut Jaliman, rutin bersihkan wajah menggunakan produk-produk yang memiliki khasiat lawan jerawat bisa mengurangi dampak karena jerawat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.