Sukses

Skrining Selama Hamil, Cegah Bayi Jadi Diabetesi

Bila bayi yang baru lahir memiliki bobot tubuh dengan berat empat kilogram, maka patut dicurigai.

Liputan6.com, Jakarta Seorang bayi yang baru saja lahir dapat menyandang diabetes, bila selama kehamilan sang ibu tidak mampu mengontrol asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Bila kebablasan, berisiko menyandang diabetes gestasional, diabetes yang terjadi selama kehamilan, dan dapat menurunkan kepada sang janin.

Namun, untuk mengetahui apakah seorang bayi berisiko menyandang diabetes, perlu dilakukan identifikasi terhadap sejumlah faktor risiko. Mulai dari riwayat kesehatan ibu selama hamil dilihat dari pemeriksaan gula, dan perkembangan ukuran bayi yang baru saja lahir.

Menurut Guru Besar Endokrinologi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang, Prof. Dr. dr. Ahmad Rudianto, SpPD-KEMD, FINASIM, bila bayi yang baru lahir memiliki bobot tubuh dengan berat empat kilogram, maka patut dicurigai.

"Gejala seperti ini, yang terjadi pada wanita hamil sering tidak terdeteksi. Pemeriksaan gula darah seperti tes HbA1C dan skrining kondisi bayi saat hamil, perlu juga dilakukan," kata dia dalam diskusi 'Indonesia Diabetes Leadership Forum' yang diadakan oleh Novo Nordisk di JW Marriot, Mega Kuningan, Jakarta, ditulis Jumat (14/11/2014)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.