Sukses

5 Cara Tetap Sehat di Musim Hujan

Banyak penyakit yang datang saat musim hujan, tingkatkan daya tahan tubuh Anda dengan meditasi.

Liputan6.com, Jakarta Musim hujan sudah datang, penyakit kini makin banyak mendera di suhu udara yang dingin. Tingkatkan daya tahan tubuh Anda untuk cegah penyakit datang di musim hujan.

Lakukan 5 hal berikut untuk menambah daya tahan tubuh jauh dari sakit seperti dilansir Men's Health pada Jumat  (14/11/2014).

1. Konsumsi yoghurt
Dalam studi yang dipublikasikan dalan Clinical Nutrition bisa mengurangi risiko tubuh terkena bakteri sebesar 27 persen karena  kandungan probiotik di dalamnya.

2. Makan makanan mengandung jahe
Minum-minuman berbahan jahe atau tambahkan sebagai bumbu ke dalam masakana bisa menghambat virus respiratory syncytial (virus yang menebabkan bronkiolitis dan pneumonia) yang menempel pada sel-sel tubuhnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rajin cuci tangan

3. Rajin cuci tangan
Cuci tangan dengan cara tepat menggunakan sabun bisa menghentikan bakteri yang ada di tangan Anda. Lakukan cuci tangan terutama pada saat sebelum dan sesudah makan serta setelah dari toilet.

4. Kurangi menyentuh diri sendiri
Tanpa disadari tangan sering memegang area mata, hidung dan mulut. Hal ini ternyata mengembangkan terkena 41 persen infeksi saluran pernapasan seperti studi dalam Journal of Occupatioanl Health 2013.

5. Meditasi

Ini satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan meditasi. Cara ini mampu melatih Anda tetap fokus dan tenang sehingga membantu mengurangi stres. Stres bisa membuat Anda lebih rentan terinfeksi penyakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini