Sukses

Kenapa Kalau Jalan Mesti Jinjit, Ada Masalah Apa?

Keponakan lelaki saya usia 5 tahun. Kalau jalan mesti jinjit. Kenapa ya dok seperti itu

 

 

Liputan6.com, Jakarta Pertanyaan 

Dear dokter Nicolaas yang baik. Keponakan lelaki saya usia 5 tahun. Kalau jalan mesti jinjit. Kenapa ya dok seperti itu? Apa ada yang salah dengan saraf di kakinya? Apakah dia bisa berjalan dengan normal tanpa harus jinjit? Perawatan seperti apa yang bisa dilakukan?

Santi (30 tahun), Jakarta

Jawaban

Ibu Santi,

Jalan jinjit bisa berarti banyak hal. Karena itu perlu dilakukan observasi dan pemeriksaan fisik. Apakah bila berdiri keponakan Ibu tetap jinjit atau bisa berdiri normal namun bila berjalan baru jinjit? Apakah terdapat keluhan lain yang dirasakan oleh orang tuanya?

Berjalan jinjit bisa hilang dengan sendirinya, bisa berarti terdapat pemendekan dari urat/tendon diatas tumit, atau merupakan bagian dari suatu sindrom.

Bila keponakan ibu dapat berdiri dengan normal, sebaiknya diminta untuk sering stretching pada tendon achilles (urat di atas tumit) dengan menekuk ankle ke arah atas (punggung kaki diarahkan ke tulang kering) untuk mencegah pemendekan tendon tersebut. Diagnosa pasti hanya dapat ditegakkan dengan dilakukan pemeriksaan pada pasien.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.