Sukses

Jangan Pelit, Berbagi Makanan Buat Karakter Anda Jadi Lebih Baik

Berbagi makanan tak cuma membuat Anda baik di meja makan, tapi juga pada hal lain.

Liputan6.com, Jakarta Kabar baik bagi Anda yang memiliki kebiasaan makan bersama keluarga di meja makan. Aktivitas ini tak sekedar berkumpul dan makan, tapi juga tentang bagaimana berbagi seperti diutarakan dalam studi yang dipublikasikan jurnal Appetite.

Pada saat makan bersama aneka makanan nasi, sayur, lauk disajikan dalam piring besar untuk dikonsumsi bersama-sama. Hal ini ternyata dapat menimbulkan perasaan untuk mengambil sesuai porsi dan orang lain juga menyisakan makanan tersebut untuk anggota keluarga yang lain. Dan dampaknya adalah,  jika sedari kecil terbiasa makan bersama keluarga sifat untuk berbagi dalam hal lain terasah saat dewasa.

Hal tersebut diketahui setelah penelitian yang dipimpin oleh Charlotte De Backer dari  University of Antwerp di Belgia meneliti frekuensi seberapa sering makan bersama keluarga atau orang lain terhadap 466 siswa Belgia. Ternyata mereka yang lebih sering makan bersama orang lain serta berbagi makanan lebih banyak melakukan perbuatan baik di masa remajanya. Mulai dari menawarkan kursi di transportasi umu, membantu teman, hingga menjadi relawan.

"Berbagi makanan mengajarkan tentang keadilan, melayani, tidak mengambil makanan sesuai keinginan," terang De Backer seperti dilansir laman Time pada Selasa (11/11/2014).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.