Awas, Bahaya Pengawet dalam Sosis

Oleh Benedikta Desideria pada 11 Nov 2014, 13:00 WIB
Diperbarui 11 Nov 2014, 13:00 WIB
Awas, Bahaya Pengawet dalam Sosis
Perbesar
Tangkal dampak buruk bahan pengawet pada sosis dengan makan sayuran hijau. (Foto: Alamy/Telegraph)

Liputan6.com, Jakarta Saat cuaca dingin lalu menyantap hot dog hangat memang lezat. Namun jangan sering-sering mengonsumsi hot dog dengan sosis, menurut berbagai penelitain bahan pengawet nitrit pada sosis bersifat toksik dan karsinogen.

Lewat penelitian diketahui bahwa nitrosodimetilamin hasil reaksi nitrit dapat menyebabkan keruskan pada hati. Selain itu, sifat karsinogenik bisa memicu penyakit tumor pada beberapa organ tikus percobaan.

Meskipun menurut penelitian berdampak buruk pada kesehatan namun nitrit digunakan pada sosis dengan alasan. Senyawa ini efektif mencegah pertumbuhan bakteri Clostridium botulinum yang bisa menyebabkan keracunan makanan. Selain sebagai pengawet, nitrit berfungsi untuk memeroleh warna merah yang stabil pada sosis.

Agar tetap aman dan menghindari risiko buruk nitrit dokter Phaidon L. Toruan M.M dan dokter Widta Murni, MARS, menyarankan pada saat memasak sosis tambahkan bawang putih dan cabai hijau yang berfungsi menangkanl nitrosamin (penyebab risiko kanker). Bisa juga pada wortel dan tomat. "Selain itu, lapal sayuran mentah yang berfungsi sebagai antioksidan," ungkap mereka seperti dilansir dalam buku Rahasia Terkini Awet Sehat.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya