Sukses

Awas, Bahaya Pengawet dalam Sosis

Ini cara enak dan tubuh tetap sehat makan sosis.

Liputan6.com, Jakarta Saat cuaca dingin lalu menyantap hot dog hangat memang lezat. Namun jangan sering-sering mengonsumsi hot dog dengan sosis, menurut berbagai penelitain bahan pengawet nitrit pada sosis bersifat toksik dan karsinogen.

Lewat penelitian diketahui bahwa nitrosodimetilamin hasil reaksi nitrit dapat menyebabkan keruskan pada hati. Selain itu, sifat karsinogenik bisa memicu penyakit tumor pada beberapa organ tikus percobaan.

Meskipun menurut penelitian berdampak buruk pada kesehatan namun nitrit digunakan pada sosis dengan alasan. Senyawa ini efektif mencegah pertumbuhan bakteri Clostridium botulinum yang bisa menyebabkan keracunan makanan. Selain sebagai pengawet, nitrit berfungsi untuk memeroleh warna merah yang stabil pada sosis.

Agar tetap aman dan menghindari risiko buruk nitrit dokter Phaidon L. Toruan M.M dan dokter Widta Murni, MARS, menyarankan pada saat memasak sosis tambahkan bawang putih dan cabai hijau yang berfungsi menangkanl nitrosamin (penyebab risiko kanker). Bisa juga pada wortel dan tomat. "Selain itu, lapal sayuran mentah yang berfungsi sebagai antioksidan," ungkap mereka seperti dilansir dalam buku Rahasia Terkini Awet Sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.