10 Kota Tersehat di Dunia (I)

Oleh Rio Apinino pada 10 Nov 2014, 19:30 WIB
Kota Tersehat di Dunia

Liputan6.com, Jakarta Sebuah kota yang benar-benar sehat bukan hanya dapat membuat warganya menjalankan gaya hidup sehat. Lebih dari itu, kota sehat artinya juga kota dengan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau bagi seluruh warganya.

Dikutip dari CNN pada Senin (10/11/2014), ada 10 kota yang tergolong sebagai kota tersehat di dunia. Di kota-kota ini, pemerintah menerapkan kebijakan yang menjamin warganya dapat akses kesehatan, bahkan hingga makanan bergizi dan transportasi umum yang layak. Partisipasi dari warga juga tergolong tinggi di 10 kota ini.

Kota apa saja itu? Berikut ulasannya. Sebagai tambahan, penomoran kota sehat ini bukanlah peringkat.

2 of 6

Copenhagen, Denmark

1. Copenhagen, Denmark

">Kota Tersehat di Dunia (1)

Hanya 2% pekerja di Copenhagen yang menghabiskan 40 jam seminggu untuk bekerja. Sisanya, lebih rendah dari itu. Hal ini membuat mereka memiliki waktu yang banyak untuk keluarga, berorganisasi dan berpartisipasi dalam program masyarakat lainnya.

Dengan 249 km jalur sepeda, warga Copenhagen lebih suka berpergian menggunakan sepeda atau jalan kaki. Apalagi, solidaritas sosial di kota ini sangat tinggi.

3 of 6

Okinawa, Jepang

2. Okinawa, Jepang

">Kota Tersehat di Dunia (2)

Warga Okinawa memiliki tingkat harapan hidup tertinggi di dunia. Harapan hidup bagi perempuan adalah 86 tahun (lebih tinggi 13 tahun dari rata-rata harapan hidup perempuan di dunia), sedangkan prianya 78 tahun (lebih tinggi 10 tahun dibanding rata-rata harapan hidup pria di dunia).

Solidaritas sosial penduduk Okinawa sangat tinggi. Di sana, mereka mudah beradaptasi, mandiri, kreatif dan santai. Selain itu, wilayah di Okinawa juga mendukung hidup sehat dengan udara dan air yang tidak tercemar.

4 of 6

Monte Carlo, Monaco

3. Monte Carlo, Monaco

">Kota Tersehat di Dunia (3)

Monte Carlo adalah negara dengan tingkat kematian bayi terendah di dunia dengan perkiraan 1,81 kematian per 1000 kelahiran bayi. Hal ini bisa terjadi karena pemerintah wilayah tersebut mampu menyediakan layanan kesehatan yang dapat diakses dengan mudah oleh seluruh orang.

Negara ini juga memiliki teknologi canggih untuk urusan kesehatan ditambah dokter yang cakap.

5 of 6

Vancouver, Kanada

4. Vancouver, Kanada

">Kota Tersehat di Dunia (4)

Vancouver adalah kota di dunia yang paling ramah untuk para pejalan kaki. Ditunjang sarana yang baik, penduduk di kota ini lebih suka berjalan kaki. Hal ini membuat Vanvouver menjadi salah satu kota dengan udara terbersih di dunia karena minim kendaraan bermotor.

Pemerintah Vancouver telah melakukan banyak hal untuk membuat kota sehat ini. Selain itu, setiap warga memiliki akses terhadap ruang terbuka hijau, air tawar dan pegunungan.

6 of 6

Melbourne, Australia

5. Melbourne, Australia

">Kota Tersehat di Dunia (5)

Kota Melbourne adalah kota yang dianugerahi sebagai kota paling layak huni 4 tahun berturut-turut oleh Economist Intelligence Unit. Kota ini seakan memiliki semuanya: kesehatan dan pendidikan yang baik, kejahatan yang rendah, toleransi antar etnis dan agama yang tinggi, dan wilayah yang sehat.

Selain itu, Melbourne juga dikenal dengan solidaritas sosialnya yang tinggi. Diakui, solidaritas sosial lebih membuat orang bahagia.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait