Sukses

Penemu Vaksin Polio Ulang Tahun Ke-100, Google Merayakannya

Jonas Salk, penemu vaksin polio hari ini berulang tahun yang ke-100. Google ikut merayakannya.

Liputan6.com, Jakarta Dr. Jonas Salk, ilmuwan Amerika yang berhasil mengembangkan vaksin polio pada hari ini (28/10/2014) merayakan ulang tahunnya yang ke-100. Demi memeringati HUT itulah Google memasang ilustrasi Salk pada laman home mereka.

Ilustrasi yang dibuat Google cukup menarik. Dua anak yang memegang tulisan "Thank You Dr. Salk," atau "Terimakasih Dr. Salk," mencerminkan penghargaan atas kontribusi Dr. Salk yang telah melakukan banyak hal untuk melawan virus dengan korban utama anak-anak tersebut.

Virus polio memang kebanyakan menyerang anak-anak. Menurut data yang dikutip dari The Independent pada tahun 1962 ada 45.000 kasus polio di Amerika Serikat. Dua tahun kemudian saat vaksin yang dibuat Dr. Salk tersebar luas, kasus polio berkurang drastis hingga 910 kasus.

Kontribusi Dr. Salk bertambah besar saat dia memutuskan untuk tidak mematenkan vaksin polio sehingga vaksin tersebut bisa diperoleh dengan harga murah, bahkan hingga saat ini. 

Dr. Salk lulus pada tahun 1939 dari New York University School of Medicine. Dia kemudian bekerja di RS Mount Sinai di Ney York City. Dr. Salk juga pernah menjadi peneliti di University of Michigan.

Pada tahun 1947, dia diangkat menjadi direktur di Virus Research Laboratory di University of Pittsburgh School of Medicine. Di sinilah Dr. Salk kemudian berhasil membuat vaksin polio.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini