Sukses

Mengenang Masa Lalu Bantu Pikiran Lebih Fokus

Siapa bilang mengenang masa lalu tak ada dampak baiknya?

Liputan6.com, Jakarta
Tak cuma menatap masa depan, membiarkan pikiran berkelana akan masa lalu punya dampak baik untuk kemampuan otak Anda. Menurut penelitian terbaru dari Cornell University, mengingat masa lalu membantu konsentrasi.

Ternyata, berpikir tentang saat-saat yang pernah terjadi di masa lalu bisa membantu memecahkan masalah konsentrasi. Hal ini berlaku jika kenangan masa lalu terkait dengan pekerjaan kantor atau hal-hal penting lainnya. Misalnya, tentang meeting seminggu yang lalu, atau kejadian unik yang ditemui bulan lalu yang bisa dijadikan bahan tulisan.

"Memanfaatkan informasi dari memori jangka panjang untuk memecahkan tugas dan berhasil melakukan hal tersebut lebih baik," ungkap salah satu penulis Nathan Spreng, Ph.D seperti dikutip dari Men's Health pada Senin (27/10/2014).

Pada penelitian sebelumnya ternyata hasilnya berkebalikan. Mengingat masa lalu malah ddikaitkan dengan menghambat tugas dan konsentrasi.
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini