Sukses

Kuman Terbanyak Ada di 2 Titik Ini di Tangan Anda

Kuman dan bakteri penyebab penyakit paling senang bersembunyi di dua bagian tangan berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Tangan merupakan bagian tubuh paling produktif. Mulai dari mengetik, menyapu dan mengepel, menggosok tubuh dan membasuh organ vital usai buang air kecil maupun besar. Tak heran, jika ada banyak kuman di bagian tersebut sehingga kita diminta untuk cuci tangan menggunakan sabun dalam berbagai kesempatan penting.

Sayangnya, banyak orang yang tak mengetahui bagian tangan yang paling banyak kuman. "Kuku dan di balik perhiasan merupakan tempat patogen, bakteri, jamur bersembunyi yang sering kita lupakan untuk dibersihkan," tutur dokter Ariani Dewi Widodo, SpA saat ditemui di Gedung SMESCO seperti ditulis pada Senin (27/10/2010).

Oleh karena itu ia menyarankan saat mencuci tangan dengan sabun untuk melepaskan perhiasan cincin dan jam tangan terutama sebelum makan. "Untuk cincin kawin gak papalah gak dibuka, namun yang lain  harap dilepas," ungkap dokter spesialis anak lulusan Universitas Indonesia ini.

Setelah melepas aneka perhiasan di area tangan, pastikan mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik lalu bilas di bawh air yang mengalir. Mencuci tangan menggunakan sabun terbukti menurunkan kejadian seseorang terkena penyakit. "Sekitar 200 penyakit yang bisa dicegah dengan cuci tangan pakai sabun, namun yang terutama masalah pencernaan dan pernapasan," ungkap Ariani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini