Sukses

5 Bumbu Dapur Pendongkrak Stamina

Bumbu daput punya banyak manfaat untuk kesehatan selain menyedapkan masakan. Agar stamina oke, coba 5 bumbu dapur ini

Liputan6.com, Jakarta Tak sekadar menyenangkan lidah, bumbu-bumbu yang ada di dapur punya manfaat lebih dari hal tersebut. Berbagai kandungan penting di dalamnya mampu membuat bagian tubuh bekerja lebih baik hingga menangkal aneka penyakit datang sehingga membuat Anda lebih sehat dan panjang umur.

Berikut daftar lima bumbu dapur yang bisa membuat tubuh senatiasa sehat dan panjang umur seperti dikutip dari buku Rahasia Terkini Awet Sehat karya dokter Phaidon Toruan M.M. dan dokter Widya Murni, MARS pada Sabtu (25/10/2014).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cabai

1. Cabai
Bumbu pedas ini kaya kapsaicin yang memiliki sifat vasodilator atau melebarkan pembuluh darah.
Lalu, cabai rawit mengandung antioksidan, Vitamin C dan A. Rasa pedas yang ditangkap lidah merangsang otak mengeluarkan endorfin yang mengurangi rasa sakit dan timbul perasaan lebih sehat.

2. Bawang putih
Usai makan bawang putih mulut memang bau tajam namun kandungan senyawa aliin berkhasiat menghancurkan pembentukan pembekuan darah dalam arteri, mengurangi gejala diabetes dan tekanan darah.

3 dari 3 halaman

Bawang merah

3. Bawang merah
Pelezat makanan yang satu ini jangan ragukan lagi kandungan hebat di dalamnya. Ada kalsium, zat besi, fosfor, Vitamin A dan C,
Bahkan, bawang merah mengandung 'antibiotik' yang lebih kuat dibandingkan penisilin dan aeromisin.

4. Temulawak
Ingin miliki tubuh jarang sakit? Mengonsumsi rimpang ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit karena aktivitas imunomodulator dari kurkumin.
Selain itu, senyawa aktif kurkuminoid berkhasiat sebagai antioksidan, antiinflamasi, antibakteri, antikanker hingga antikolesterol.

5. Jahe
Bumbu dapur yang satu ini ternyata ampuh melindungi sistem pencernaan. Selain itu, mengandung bahan antirhinovirus. Rhinovirus adalah salah satu virus penyebab influenza.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.