Sukses

4 Alasan Kenapa Memotong Kuku Mencegah Munculnya Penyakit

Menjaga kebersihan kuku juga berarti mencegah berbagai penyakit.

Liputan6.com, Jakarta Menjaga kebersihan kuku juga berarti mencegah berbagai penyakit. Maka itu, penting memotong kuku secara teratur. Tidak percaya? cek saja beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapat bila Anda rutin memotong kuku, seperti diukutip Boldsky, Sabtu (25/10/2014) berikut ini:

1. Kuku tumbuh ke dalam

Kuku tumbuh ke dalam disebut juga sebagai onychocryptosis. Kondisi medis ini disebabkan oleh malasnya memotong kuku secara teratur. Selain mengakibatkan rasa sakit dan bengkak pada kulit, pada beberapa kasus juga terjadi infeksi.

2. Infeksi bakteri

Jika Anda rutin menggunakan sepatu, maka kuku kaki dapat meningkatkan pembentukan bakteri. Jadi cobalah untuk memotong kuku kaki Anda untuk mencegah infeksi. Pastikan juga tidak menggunakan kaus kaki kotor karena dapat menyebabkan infeksi kuku.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaga kebersihan



3. Menjaga kebersihan

Jika Anda tidak memotong kuku secara teratur ada kemungkinan infeksi jamur seperti kutu air atau ruam merah yang gatal. Selain itu, kotornya kuku kaki bisa menyebabkan bercak putih pada kulit.

4. Cedera kuku

Jika Anda tidak memotong kuku Anda, maka risiko cedera seperti memar yang menyakitkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini