Sukses

Ibu Menyusui Wajib Cuci Tangan Bila Melakukan 5 Hal Ini

Demi menjaga bayi tertular penyakit, ibu menyusui wajib cuci tangan pada lima aktivitas ini.

Liputan6.com, Jakarta
Ibu merupakan sosok penting dalam sebuah keluarga, apalagi untuk bayi yang masih menyusui. Cara ibu menyusui menjaga kebersihan sangat menentukan kualitas kesehatan sang bayi.

Salah satu caranya dengan mencuci tangan pakai sabun. "Cuci tangan pakai sabun efektif sekali untuk membunuh kuman. Hal ini untuk mencegah agar ibu tidak menularkan penyakit ke bayi. Seperti kita ketahui kan, bayi sangat rentan tertular penyakit," terang dokter Ariani Dewi Widodo, SpA saat ditemui dalam acara 'Menuju 70 Juta Tangan Indonesia Sehat" yang digagas Lifebuoy seperti ditulis pada Kamis (23/10/2014).

Menurut dokter Ariana ada 200 penyakit yang bisa dicegah dengan cuci tangan pakai sabun diantaranya diare dan ISPA, penyakit yang hingga kini jadi penyebab utama kematian pada bayi.

Oleh karena itu, selain mencuci tangan untuk kebersihan dirinya sendiri baik sebelum dan sesudah makan serta dari toilet, dokter Ariani menekankan kepada ibu menyusui untuk mencuci tangan dengan sabun pada empat aktivitas berikut yaitu:

1. Setiap kali memegang bayi

2. Sebelum dan sesudah mengganti popok bayi

3. Sebelum memasak maupun membuat makanan untuk bayi

4. Sebelum menyusui

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini