Sukses

Ini Resep agar Bayi-bayi Tak Gampang Meninggal Akibat Diare

Langkah mudah dan murah cuci tangan pakai sabun mampu turunkan risiko kematian pada anak karena diare.

Liputan6.com, Jakarta Berdasarkan data dari UNICEF Commiting to Child Survival: A Promise Renewed Progress Report 2013, angka kematian balita di Indonesia mencapai 152.000 di tahun 2013. Salah satu penyakit utama penyebab kematian adalah diare.

Padahal penyakit ini dapat dicegah dengan tindakan mudah dan relatif murah salah satunya dengan kebiasaan cuci tangan pakai sabun.

"Menurut sebuah penelitian mencuci tangan dengan sabun bisa menurunkan risiko kematian akibat diare hingga 50 persen," terang dokter Ariani Dewi Widodo, SpA pada kesempatan 'Menuju 70 Juta Tangan Indonesia Sehat' yang digagas brand Lifebuoy pada Rabu (23/10/2014).

Berbeda dengan mencuci tangan biasa, mencuci tangan pakai sabun bisa mematikan kuman, bakteri, patogen apabila dibilas pada air yang mengalir terang dokter Ariani. Oleh karena itu, pastikan orangtua untuk mengajak dan memberi contoh anak-anak sedari dini melakukan cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir pada sebelum dan sesudah makan, setelah memegang benda kotor, dan setelah dari toilet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini