Temulawak, 'Obat Kuat' Kesukaan Jokowi

Oleh Benedikta Desideria pada 20 Okt 2014, 12:30 WIB
Diperbarui 20 Okt 2014, 12:30 WIB
Manfaat Temulawak, Bahan Jamu Kesukaan Jokowi
Perbesar
Apa manfaat tanaman herbal temulawak yang sering dikonsumsi presiden RI terpilih Jokowi?

Liputan6.com, Jakarta Sebelum dilantik menjadi presiden ketujuh Republik Indonesia, Joko Widodo mengungkapkan salah satu minuman yang dikonsumsi pagi ini adalah jamu. Salah satu bahan racikan di dalamnya adalah temulawak. Bukan hanya pada momen penting ini, sudah sejak lama Jokowi minum jamu berbahan ini sebagai bagian dari kesehariannya.

Temulawak yang dalam bahasa Inggris disebut Javanese turmeric memang dikenal sebagai bahan herbal untuk menambah nafsu makan oleh masyarakat Indonesia. Namun itu hanya satu dari sekian banyak temulawak.

Akar rimpang ini sangat baik untuk mengatasi gangguan pencernaan, sindrom iritasi usus, kembung usai makan, gangguan lambung, serta aneka keluhan pada hati menurut WebMD, Senin (20/10/2014).

Banyak yang menyangka bahwa temulawak mirip dengan kunyit, padahal dua tumbuhan herbal ini berbeda. Khasiat temulawak disebutkan baik untuk membuat aliran empedu sehingga membuang aliran kolesterol jahat dari tubuh. Hasilnya, tingkat kolesterol dalam tubuh terjaga dengan baik.

Masih menurut WebMD, temulawak aman jika digunakan dalam porsi kecil, karena dapat menyebabkan iritasi lambung dan mual. Namun, tidak dianjurkan mengonsumsi temulawak selama kehamilan dan menyusui.