Kiat Jaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Oleh Rio Apinino pada 14 Okt 2014, 13:16 WIB
Diperbarui 14 Okt 2014, 13:16 WIB
Kesehatan reproduksi wanita
Perbesar
Berbagai bahan ini berbahaya bagi kesehatan reproduksi wanita.

Liputan6.com, Jakarta Menjaga kesehatan reproduksi bukan hanya penting untuk wanita, tapi juga untuk pasangannya. Sayang, tidak banyak yang tahu apa saja penyebab terganggunya kesehatan reproduksi wanita. Berikut beberapa penyebab dan cara menjaga kesehatan reproduksi wanita seperti dilansir dari Laterbaby, Selasa (14/10/2014).

Merokok

Merokok dapat mengakibatkan masalah serius pada kesehatan reproduksi wanita, di antaranya adalah gangguan dalam memproduksi estrogen yang akhirnya memngganggu ovulasi atau pelepasan telur untuk pembuahan. Selain itu, merokok juga berisiko tinggi terkena kanker serviks dan infeksi pinggul.

Tidak ada cara lain untuk mengatasi ini selain berhenti merokok sekarang juga dan menghindari asap rokok sebisa mungkin. Yang belum pernah merokok, jangan pernah mencobanya.

Alkohol

Meskipun dalam beberapa penelitian ditemukan manfaat alkohol, tetapi konsumsi alkohol secara berlebihan juga dapat mengganggu kesehatan reproduksi wanita. Mengonsumsi alkohol dapat mengakibatkan ovulasi atau pembuahan tidak teratur dan amenorrhea (tidak datang bulan).

Tentu Anda tidak mau kesehatan reproduksi Anda terganggu kan? Makanya, kurangi konsumsi alkohol.

2 dari 2 halaman

Racun

Racun

Yang dimaksud dengan racun adalah bahan-bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh, misalnya pestisida, zat pupuk dan larutan kimia. Banyaknya racun dalam tubuh dapat mengakibatkan perempuan tidak dapat menstruasi secara teratur, perubahan hormon hingga tingkat keguguran yang lebih tinggi.

Usahakan sebisa mungkin untuk menghindari bahan-bahan ini. Anda bahkan bisa menggunakan safety gloves, masker wajah hingga pakaian pelindung untuk meminimalkan paparan langsung dari racun ini.

Riwayat Seksual

Cara terbaik untuk menjaga kesehatan reproduksi wanita adalah dengan menerapkan pola seks yang aman. Dengan menerapkan pola seks yang aman, Anda dapat terhindar dari penyakit radang panggul hingga perubahan pada serviks.

Salah satu cara mengatasi hal ini adalah dengan menggunakan kondom ketika berhubungan seks. Ini merupakan cara paling efektif bagi Anda untuk terhindar dari infeksi seksual menular.

Demikianlah beberapa sebab dan cara menjaga kesehatan reproduksi wanita. Apa Anda pernah mengalami hal-hal itu? Jika pernah, maka segeralah ikuti tips-tips di atas. 

 

Lanjutkan Membaca ↓