Sukses

3,6 Juta Orang Buta di Indonesia

Kasus kebutaan di Indonesia mencapai angka 3,6 juta dan 70 persen diantaranya disebabkan oleh katarak

Liputan6.com, Jakarta The Fred Hollows Foundation merilis, kasus kebutaan di Indonesia mencapai angka 3,6 juta dan 70 persen di antaranya disebabkan oleh katarak. Jumlah penderita ini diprediksi akan bertambah 120.000 orang per tahunnya.

Menurut Presiden Direktur JEC Korporat, dr Darwan M. Purba, SpM, kasus kebutaan akibat katarak sebagian besar (43 persen) disebabkan karena penderita tidak memilki kemampuan atau akses untuk menjalani operasi dan 25 persen lainnya tidak memahami bahwa kebutaan dapat dicegah.

"Kondisi kesehatan mata di Indonesia yang masih memprihatinkan ini menjadi alasan JEC untuk terus memberikan edukasi tentang kesehatan mata dan melakukan operasi katarak gratis. Sebagai rumah sakit spesialis mata pertama dan satu-satunya di Indonesia yang telah mendapatkan akreditasi standar internasional dari Joint Commission International (JCI), kami menerapkan pelayanan dengan standar internasional dan penggunaan teknologi terkini dalam setiap tindakan, termasuk dalam pelaksanaan operasi katarak," kata Darwan, seperti dikutip dalam rilis yang diterima Liputan6.com, ditulis Senin (13/10/2014).

Untuk membantu masyarakat yang mengalami katarak, secara rutin JEC menyelenggarakan operasi katarak gratis di sekitar pabrik Bukaka di Cileungsi, Jawa Barat.

“Pada ulang tahun PT. Bukaka Teknik Utama yang ke-36 ini, kami berbagi kepedulian kepada masyarakat di sekitar pabrik Cileungsi yang membutuhkan penanganan operasi katarak, melalui kegiatan bakti sosial operasi katarak bekerja sama dengan JEC,” ungkap Presiden Direktur PT. Bukaka Teknik Utama, Irsal Kamaruddin.

Selain operasi katarak gratis, JEC juga menyelenggarakan seminar publik 'Katarak Dapat Menyebabkan Kebutaan!' sebagai edukasi bagi masyarakat tentang bahaya penyakit katarak serta cara pencegahan dan pengobatannya. Para peserta juga berkesempatan mendapat layanan pemeriksaan (screening) kesehatan mata untuk pendeteksian dini penyakit katarak. Rangkaian kegiatan ini tentu saja bertujuan menekan jumlah penderita katarak dan menurunkan angka kebutaan di Indonesia yang disebabkan oleh katarak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Katarak atau kekeruhan lensa merupakan kondisi terjadinya kekeruhan pada organ mata, yaitu lensa mata.

    Katarak

Video Terkini