Jerawat, Jenis dan Cara Menghilangkannya

Oleh Rio Apinino pada 10 Okt 2014, 18:30 WIB
Diperbarui 10 Okt 2014, 18:30 WIB
Jenis Jerawat dan Cara Menghilangkan Jerawat
Perbesar
Apa saja jenis jerawat? Bagaimana cara menghilangkannya?

Liputan6.com, Jakarta Jerawat adalah penyakit bintik-bintik yang timbul di kulit wajah, dada dan punggung. Bagi sebagian orang, apalagi anak muda, jerawat sangat mengganggu karena dapat menurunkan kepercayaan diri.

Sebenarnya, jerawat sendiri terdiri dari berbagai jenis. Berikut jenis-jenis jerawat serta cara menghilangkan jerawat seperti dilansir dari Acne Academy, Jumat (10/10/2014).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Jenis Jerawat

Jenis Jerawat

Para pakar mengklasifikasikan jenis jerawat ke dalam tiga bagian. Pertama, jerawat vulgaris. Ini adalah jenis jerawat yang paling umum seperti komedo, whiteheads, papula, postula dan nodul.

Kedua, jerawat conglobata atau jerawat batu. Jerawat ini adalah jenis jerawat yang lebih besar dari jerawat vulgaris. Jerawat ini dapat tumbuh pada wajah, dada dan punggung. Jerawat ini sering terjadi pada laki-laki antara umur 18-30 tahun.

Ketiga, pyoderma faciale. Jerawat jenis ini hanya menjangkiti perempuan yang berumur antara 20-40 tahun, sangat menyakitkan dan menyebabkan luka yang membekas. Jerawat ini juga dapat terjadi pada perempuan yang belum pernah memiliki jerawat sebelumnya dan hanya tumbuh pada wajah.


Cara Menghilangkan Jerawat

Cara Menghilangkan Jerawat

Banyak cara untuk mengobati jerawat. Tetapi, cara-cara ini dapat dikelompokkan juga ke dalam tiga jenis penyembuhan.

Pertama, obat oles atau luaran. Diantara obat oles ini adalah antibiotik oles, retinoid oles, asam azelaic dan nikotinamid. Tidak lupa juga obat-obat herbal seperti aloe vera dan daun mint masuk ke dalam kelompok ini.

Kedua, obat dalam. Obat dalam ini berguna untuk mengontrol pertumbuhan bakteri dan mengurangi peradangan dalam tubuh. Obat yang masuk dalam kelompok ini diantaranya adalah oxytetracycline, lymeciclin-, minocycline dan doxycycline. Meminum obat dalam ini sendiri memiliki efek samping seperti mual, muntah dan diare.

Ketiga, obat pelengkap. Obat pelengkap digunakan untuk melengkapi pengobatan setelah Anda melakukan pengobatan luar atau dalam. Yang termasuk dalam obat pelengkap diantaranya adalah minyak pohon teh.

Itulah sedikit penjelasan tentang jenis jerawat dan cara menghilangkannya. Bagaimanapun, yang terpenting tetap lah menerapkan pola hidup sehat. Sebab, bukan hanya jerawat, penyakit lain pun dapat Anda hindari jika Anda hidup sehat.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya