5 Cara Menghilangkan Jerawat Batu

Oleh Rio Apinino pada 10 Okt 2014, 14:56 WIB
Diperbarui 10 Okt 2014, 14:56 WIB
6 Hal Pencegahan Jerawat Yang Tidak Anda Ketahui
Perbesar
Berikut adalah hal-hal yang seringkali Anda tidak ketahui namun dapat mencegah jerawat.

Liputan6.com, Jakarta Jerawat batu merupakan jenis jerawat yang memiliki bentuk cukup besar dibanding jerawat biasa. Selain itu, jerawat batu juga biasanya menyebar di permukaan kulit sehingga dapat membuat Anda sangat tidak percaya diri. Jerawat batu ini biasanya terjadi karena berlebihnya produksi kelenjar minyak dan regenerasi sel kulit yang lambat.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan jerawat batu? Berikut ulasannya seperti dilansir Home Remedies for Life, Jumat (10/10/2014).

1. Baking Soda

Baking soda memiliki kandungan antiseptik yang mampu menyeimbangkan tingkat pH serta menyerap kelebihan minyak dan kulit yang lepas. Cara menggunakannya, ambil 1-2 sendok makan baking soda, campur dengan air hingga kental, lalu oleskan pada jerawat selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat. Lakukan perawatan ini selama 1-2 minggu.

2. Cuka Sari Apel

Sama dengan baking soda, cuka sari apel dapat menstabilkan tingkat pH. Cuka sari apel tinggal Anda lulurkan pada jerawat selama beberapa jam di malam hari. Setelah itu, bilas. Lakukan hal ini selama beberapa minggu.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


3. Minyak Pohon Teh

3. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh memiliki kandungan antibakteri yang mampu menembus dan menutup kelenjar sebaceous atau kelenjar penghasil minyak. Anda tinggal mengoles minyak pohon teh ke daerah jerawat dengan kapas. Biarkan semalaman lalu cuci dengan air hangat di pagi harinya.

4. Putih Telur

Putih telur kaya akan protein dan riboflavin yang mampu membersihkan jerawat batu dan menghaluskan kulit Anda. Cara menggunakannya, pisahkan putih telur dari kuning telur, kemudian oleskan pada jerawat. Diamkan sekitar 5-8 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan hal ini secara teratur.

5. Aloe Vera

Aloe vera memang terkenal sebagai obat herbal yang mampu mengobati penyakit kulit, termasuk jerawat batu. Iris permukaan luar kulit aloe vera hingga tersisa gel-nya saja, kemudian remas-remas gel tersebut. Setelah itu, gosok lembut jerawat Anda menggunakan gel aloe vera, bilas dengan air.

Itulah 5 cara menghilangkan jerawat batu. Obat alami tersebut dapat anda coba, daripada merogoh kocek yang cukup dalam untuk membeli obat kimia yang menghasilkan efek samping. 

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya