Sukses

Seberapa Putih Kulit Kita Bisa Diganti?

Bila kita memiliki kulit sawo matang, sulit rasanya untuk membuat kulit berubah menjadi warna putih bangkoang.

Liputan6.com, Jakarta Warna kulit tidak bisa diganti sesuka hati kita. Bila kita memiliki kulit sawo matang, sulit rasanya untuk membuat kulit berubah menjadi warna putih bangkoang. Apa pun cara yang ditempuh akan dirasa percuma.

"Sebetulnya, warna kulit itu sudah ditentukan pada masing-masing individu. Tidak bisa kita membuat kulit yang biasanya saja, menjadi putih banget," kata Dr. Gloria Novelita, SpKK kepada Health-Liputan6.com, Sabtu (4/10/2014)

Lebih lanjut Dr. Gloria menerangkan, jika kita ingin melihat dapat seputih apa kita mengganti warna kulit yang sudah, maka coba lihat area tubuh yang tidak pernah terkena sinar matahari.

"Biasanya pada daerah pinggang dan dada. Itu merupakan putih maksimal yang bisa kita capai," kata Ahli Perawatan Kulit dari Beyoutiful Aesthetic Clinic, Jakarta.

Lagipula, lanjut Gloria, kuning langsat, putih, putih kemerahan, atau putih kekuningan khas Tionghoa, merupakan terminologi saja. Karena sebenarnya, warna kulit itu adalah spektrum.

"Tipe kulit itu sebenarnya 5 berdasarkan warna. Tipe pertama itu warna kulit bule yang putih kemerahan dan matanya biru atau hijau. Tipe kedua adalah putih kekuningan langsat. Dan yang terakhir adalah tipe kulit negro," kata Gloria.

"Asia biasanya berada pada tipe kulit 3 dan 4. Asia Tenggara dan Asia Timur memang di sekitar 3 atau 4," kata Gloria menambahkan.

Kulit putih masih menjadi menjadi tolak ukur untuk menilai kecantikan dari seorang wanita. Dampak dari persepsi yang salah membuat sejumlah wanita berani menempuh beragam cara agar dapat memiliki kulit putih.

Mulai dari suntik vitamin C, suntik DNA, dan sejumlah jenis suntik lainnya rela mereka lakukan agar mendapatkan kulit putih berseri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.