Sukses

Bahaya Keseringan Begadang Bisa Sebabkan Diabetes?

Banyak anggapan begadang bisa menyebabkan penyakit seperti diabetes. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang suka terjaga, tidak tidur sepanjang malam alias begadang? banyak anggapan begadang bisa menyebabkan penyakit seperti diabetes. Benarkah?

Kepala Divisi Metabolik Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-RS Cipto Mangunkusumo, dr. Em Yunir Sp. PD-KEMD menjelaskan, Anda perlu tahu begadang seperti apa yang menyebabkan diabetes.

"Penyebab diabetes pada orang yang suka begadang sebenarnya bukan begadangnya tapi stres yang diakibatkan oleh begadang. Begadangnya untuk apa dulu, kalau untuk senang-senang ya nggak begitu pengaruh penyakit. Tapi begadang untuk kerja yang berisiko," kata Yunir pada wartawan, ditulis Kamis (25/9/2014).

Yunir menerangkan, hormos stres saat begadang dapat memicu kadar gula darah naik. Dalam kondisi ini, emosi orang mudah terpancing. Bila hal ini terus berulang, dalam arti sebulan dua bulan begadang mungkin tidak pengaruh tapi kalau terus-terusan begadang, bisa saja stresnya memicu diabetes.

"Stres untuk menahan kantuk itu yang jadi masalah. Jika memang harus bekerja malam, usahakan tidur pada siang atau sore untuk meminimkan stres," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Diabetes (diabetes melitus) adalah suatu penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah.

    Diabetes

  • Begadang

Video Terkini