Sukses

Awas, Bahaya Menggunakan Maskara, Bisa Bikin Buta

Jika maskara digunakan lebih dari 4 bulan, bisa berisiko sebabkan infeksi mata hingga kebutaan.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki bulu mata cantik dengan tambahan maskara mungkin sedang tren. Tapi awas, Anda harus tahu masa kedaluwarsa maskara yang hanya 4 bulan. Jika digunakan lebih dari itu, maskara bisa berisiko sebabkan infeksi mata hingga kebutaan.

Begitu disampaikan Ahli bedah mata Anna Maino. Ia mengatakan, banyak wanita tidak paham dan tetap menggunakan maskara meski pelentik bulu mata itu telah jauh dari masa kedaluwarsa.

"Kami mendesak semua wanita untuk memeriksa tas make-up mereka. Kemudian mereka menyingkirkan apapun yang lewat kedaluwarsa. Terutama jika baunya aneh," kata Anna, seperti dikutip Dailymail, Selasa (23/9/2014).

Menurut Anna, hampir semua kosmetik biasanya mengandung pengawet untuk membantu mencegah pertumbuhan bakteri, tetapi menyimpannya di tempat yang panas akan membuat bakteri mudah berkembang biak. Maka itu ia menyarankan beberapa langkah ini:

1. Memperhatikan tanggal kedaluwarsa kosmetik

2. Membersihkan secara rutin maskara atau make up pada malam hari sebelum tidur

3. Tidak menggunakan maskara dan eyeliner tidak lebih dari 4 bulan.

4. Buang Foundation cair dan eye shadow setelah enam bulan. (Eye shadow bubuk lebih tahan lama hingga 12 bulan)

5. Pensil eyeliner, lip liner, perona pipi bubuk atau bronzer, bisa bertahan sampai dua tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.