Sukses

Teh Bikin Tulang Anda Kuat

Minum teh selama bertahun-tahun dalam jumlah moderat dapat membuat tulang jadi kuat.

Liputan6.com, Jakarta Tidak jadi soal teh oolong, hijau atau hitam. Hasil penelitian yang dilansir The archives of Internal Medicine mengatakan, minum teh selama bertahun-tahun dalam jumlah moderat dapat membuat tulang jadi kuat.

Peneliti mengumpulkan informasi makanan yang dikonsumsi lebih dari 1000 orang Cina, pria dan perempuan dengan usia rata-rata 52 tahun. Sekitar setengah dari orang yang diteliti mengkonsumsi teh setidaknya satu kali per minggu.

Menurut Chih Hsing Wu, MD dari National Cheng Kung University Hospital di Tainan, Taiwan, mereka yang mengonsumsi teh secara teratur selama 6-10 tahun menunjukkan kepadatan tulang yang lebih baik pada tulang belakang dibanding mereka yang hanya minum teh pada waktu tertentu saja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Susu teh

Tingkat kepadatan tulang yang lebih baik ini, bisa juga terjadi karena beberapa orang dewasa terkadang mencampurkan susu ke dalam teh mereka. Susu sendiri mengandung kalsium dan vitamin D yang baik untuk membentuk dan mempertahankan kekuatan tulang. Para peneliti juga memberi penjelasan, teh begitu baik bagi tulang karena:

1. Teh merupakan sumber penting dari fluoride yang dapat memperlambat osteoporosis.

2. Teh kaya akan flavonoid, komponen antioksidan yang dapat memperbaiki kepadatan tulang. Penelitian terhadap hewan menunjukkan ekstrak teh dapat memperlambat pengeroposan tulang.

3. Teh juga dapat mengubah cara penggunaan beberapa mineral dalam tubuh yang berpengaruh terhadap kepadatan tulang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.