Sukses

Pelajari Ilmu Kesehatan Kaki di Universitas Queensland

Podiatri yang berada di Queensland University of Technology, Australia, merupakan jurusan yang secara khusus mempelajari kesehatan kaki.

Liputan6.com, Jakarta Universitas kelas dunia, Queensland University of Technology, Australia, menawarkan satu jurusan khusus yang tidak dimiliki oleh Universitas lain di dunia, yaitu Podiatri. Podiatri merupakan jurusan yang secara khusus mempelajari kesehatan kaki.

Berhubung di Indonesia belum ada universitas yang secara khusus mempelajari ilmu ini, membuat sejumlah mahasiswa dari Indonesia memilih belajar langsung di sana. Sebab, universitas yang didirikan pada 1909 dan menjadi yang tertua di Queensland, banyak melahirkan Podiatris yang telah membuka praktik di Australia dan belahan dunia lainnya.

Adalah Ria Kartika. Mahasiswi asal Indonesia yang bercita-cita menjadi Podiatris handal, memilih menempuh pendidikan Podiatri di Queensland University selama beberapa tahun. Menurut Ria, dengan menempuh Podiatri di Australia, dirinya memiliki peluang kerja yang cukup besar di tanah kelahirannya Indonesia.

"Saya ingin menjadi seorang Podiatris di Indonesia setelah lulus kelak," kata Ria seperti dikutip dari keterangan pers yang diterima Health-Liputan6.com pada Rabu (10/9/2014)

Namun, tambah Ria, sebelum membuka klinik Podiatri milik sendiri di Indonesia, dirinya akan terlebih dulu menimba pengalaman dengan bekerja di Australia.

Seperti diketahui, kesehatan kaki begitu penting bagi kehidupan seorang manusia. Karena kaki memiliki tugas cukup berat dalam kehidupan sehari-hari, yaitu menopang berat badan dengan sempurna. Namun sayang, `kerja keras` yang dilakukan kaki kurang mendapat perhatian lebih dari manusia itu sendiri. Manusia kerap lupa akan kesehatan dan keindahan kakinya.

Buktinya saja, tidak banyak pelayanan kesehatan yang menyediakan layanan untuk merawat secara medis kaki manusia. Jika ada, biasanya didirikan oleh tenaga ahli atau Podiatris yang merupakan lulusan luar negeri dan bersifat swasta.

Tidak heran bila akhirnya banyak mahasiswa asal Indonesia memilih menempuh jurusan Podiatri di universitas yang akan menjadi tuan rumah pertemuan tingkat tinggi sejumlah negara G20 November mendatang, yang muncul sebagai pemimpin penelitian dalam berbagai bidang termasuk kedokteran dan kesehatan dengan lebih dari 40 pusat penelitian.

Selain menawarkan kemudahan akses pada bursa kerja bagi para lulusannya, jurusan Podiatri di universitas ini juga terus mengembangkan penelitian di bidang kesehatan kaki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.