Sukses

Urine dari Orang Sehat Mengandung Banyak Bakteri

Sebuah penelitian terbaru menemukan urine dari dewasa sehat justru mengandung banyak bakteri dan berisiko bagi kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian terbaru menemukan urine dari orang dewasa sehat justru mengandung banyak bakteri dan berisiko bagi kesehatan.

Seperti dikutip laman Prevention, Kamis (4/9/2014), ahli mikrobiologi menemukan ribuan bakteri dalam urine dewasa sehat. Penelitian ini  lantas dipresentasikan pada acara American Society for Microbiology di Boston.

Selain itu, peneliti juga menemukan bahwa penderita yang keseringan buang air kecil atau Overactive Bladder (OAB) juga memiliki bakteri lebih banyak dalam urinenya.

"Kami terkejut menemukan penderita OAB memiliki beragam bakteri pada urinenya. Dan mengingat 40 sampai 50 persen dari pasien OAB tidak melakukan pengobatan, temuan ini diharapkan dapat membuat solusi," kata peneliti dari Universitas Loyola, Evann Hilt.

Hilt menambahkan, penelitian ini juga menepis persepsi sebagian orang yang percaya bahwa urine itu steril. Padahal tak seperti yang dibayangkan kalau urine dari orang sehat banyak mengandung bakteri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini