Sukses

Gampang Capai Saat Olahraga, Kenapa?

Bila Anda mudah lelah saat berolahraga dan nafas pun sesak mudah terengah-engah, kemungkinan Anda kekurangan seng

Liputan6.com, Jakarta Bila Anda mudah lelah saat berolahraga dan nafas pun sesak mudah terengah-engah, kemungkinan Anda kekurangan seng (zinc). Menurut webMD, ditulis Minggu (31/8/2014) seng adalah mineral kesehatan bagi pria.

Suatu pengkajian tentang mineral ini mengungkap, aktivitas sel darah merah pria dengan diit rendah seng menurun hingga 40 persen. "Padahal semakin lama kemampuan sel darah merah memindahkan karbon dioksida ke paru-paru, semakin berat seseorang bernafas,"ujar Konsultan dan Peneliti Medis di U.S. Public Health Service Lawrence Wilson MD.

Demikian pula, tanpa seng yang cukup, tubuh kita tidak dapat mengusir keluar  asam laktat dari otot. Inilah yang kemudian menyebabkan anggota tubuh terasa sangat berat.

Untuk sekadar memperoleh seng di saat Anda sibuk, pesan saja hamburger yang ditaburi wijen di atasnya. Makanan seperti itu mengandung seng tiga kali lebih banyak dibanding chicken sandwich. Seng juga dapat Anda temukan pada biji kacang sayur (seperti buncis, kapri, kacang panjang) ) selai kacang, dan telur dadar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini