Awas, Kerap Bertengkar Perpendek Umur

Oleh Benedikta Desideria pada 27 Agu 2014, 20:07 WIB
Diperbarui 27 Agu 2014, 20:07 WIB
6 Sumpah yang Perlu dilakukan Pasangan Baru Menikah
Perbesar
Hidup harus lebih realistis tentang cinta dan kehormatan

Liputan6.com, Jakarta Memiliki hubungan damai dengan pasangan, orangtua, anggota keluarga lain, dan teman-teman tak hanya membuat Anda bahagia, tapi juga memperpanjang lama hidup. Hal berkebalikan akan terjadi jika terjadi banyak konflik dan sering bertengkar dengan orang-orang terdekat Anda.

Menurut studi yang dipublikasikan dalam Journal of Epidemiology and Community Health menyatakan hubungan yang tidak baik dengan orang-orang terdekat di sekitar Anda bisa meningkatkan risiko 50 hingga 100% mati muda.

Seperti dilansir Good Housekeeping, Rabu (27/8/2014), selama 10 tahun, peneliti melakukan pengecekan secara rutin terhadap 10.000 pria dan wanita usia 36-52 tahun tentang hubungan personal yang mereka alami. Hasilnya satu dari 10 orang mengungkapkan bahwa anak dan pasangan adalah sumber kekhawatiran. Sedangkan, satu dari 20 peserta menyatakan keluarga penyebab stres. Selain itu, dilacak juga kondisi kesehatan mereka.

Hasilnya, selama penelitian berlangsung yaitu tahun 2000 hingga 2011, 196 perempuan dan 226 laki-laki meninggal karena kanker, penyakit jantung, penyakit hati, kecelakaan hingga bunuh diri.

Peneliti menganalisis bahwa orang-orang yang hidup dengan tuntutan tinggi serta memiliki problema cenderung berisiko lebih tinggi meninggal di usia paruh baya.

Di sisi lain, peneliti mengakui bahwa kepribadian seseorang memainkan peran penting bagaimana ia mengatasi stres yang berdampak pada kesehatan lainnya.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya