Sukses

Demi Lovato Buka-Bukaan Kalau Dirinya Bipolar

Penyanyi Demi Lovato mengungkapkan kalau dirinya mengalami bipolar.

Liputan6.com, Jakarta Entah kebetulan atau tidak, tapi sepertinya salah satu jenis gangguan jiwa, bipolar sedang tren di kalangan sebritis Indonesia dan Hollywood. Setelah sebelumnya, aktris Marshanda yang diduga mengalami bipolar, kini giliran penyanyi Demi Lovato yang mengungkapkan kalau dirinya mengalami bipolar disorder.

Dalam sebuah video bertajuk The Mental Health Listening and Engagement Tour, Demi Lovato mengaku awalnya tidak peduli saat didiagnosis bipolar pada 2012. Namun akhirnya ia melakukan banyak konsultasi oleh para ahli jiwa dan akhirnya mau melakukan konser untuk meningkatkan kesadaran mentalnya.

"Saya Demi Lovato. Saya penyanyi, penulis lagu dan aktris juga hidup dengan gangguan bipolar. Saya pernah mengalami beberapa kali fase depresi," katanya tanpa ragu, seperti dikutip Cosmopolitan, Senin (18/8/2014).

Dalam video tersebut, Demi juga ingin membuktikan bahwa penderita bipolar sepertinya juga bisa hidup normal, mendapatkan cinta, pendidikan dan dukungan dari setiap orang.

"Saya ingin menyadari orang-orang di luar sana yang menderita bipolar seperti saya, belajar untuk hidup dengan baik dengan penyakit mental dan menemukan pengobatan yang tepat. Untuk itu, saya ingin menjadi advokat paling informatif agar bisa membantu orang untuk menemukan keberanian," tambahnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokterian Jiwa Indonesia (PDSKJI), Dokter Danardi Sosrosumihardjo, SpKJ(K) menerangkan, bipolar disorder atau gangguan bipolar adalah gangguan jiwa yang memiliki dua jenis gejala atau dua kutub, dimana sang penderita bisa memiliki keadaan emosi atau disebut episode berupa manik (bahagia berlebih) dan depresi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini