Sukses

Efek Obat Parkinson Pemicu Bunuh Diri Robin Williams?

Robin William ternyata mengalami parkinson

Liputan6.com, Jakarta Penyebab depresi yang dialami mendiang Robin Williams masih membuat penasaran publik, kali ini TMZ melaporkan bahwa aktor komedi tersebut ternyata mengalami parkinson. Ia pun sempat mengalami depresi dan mengonsumsi obat-obatan parkinson.

Di samping itu, NYDailynews, Sabtu (16/8/2014) mengungkapkan bahwa bukan penyakit yang menyebabkan depresi melainkan efek samping obat parkinson lah yang diguda menjadi penyebabnya.

Dokter mencoba untuk memperlambat perkembangan penyakit dengan memberikannya obat. Tapi aktor berusia 63 tersebut mungkin sudah lama berjuan melawan depresinya dan mencoba bunuh diri.

The National Institute of Mental Health menyebutkan bahwa penyakit Parkinson dapat membuat gejala depresi. Parkinson merupakan gangguan degeneratif saraf yang disebabkan oleh kerusakan sel-sel otak (neuron) yang memproduksi dopamin (zat kimia yang meneruskan pesan antara substantia nigra dan bagian lain dari otak untuk mengontrol gerakan tubuh).

Empat gejala utama penyakit Parkinson seperti:

1. Gemetar atau tremor pada saat istirahat (tremor statis).
2. Gerakan lamban, yang disebut bradikinesia.
3. Kekakuan pada kaki, lengan atau batang tubuh.
4. Kesulitan menjaga keseimbangan (instabilitas postural)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.